Tahun Depan, Kuota Haji untuk Riau Sebanyak 5.440 Orang

ilustrasi-haji-dan-umrah.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau memperoleh kuota haji sebanyak 5.440 untuk tahun 2024. Adapun rinciannya, kuota reguler sebanyak 5.024 orang dan kuota tambahan sebanyak 416 orang.

"Untuk kuota tambahan ini nomor porsi belum keluar nama-nama calon jamaah haji Riau akan tetapi informasi terkait jumlah jamaah sudah diberikan namun untuk pembagian nomor porsi masih harus menunggu," kata Kepala Bidang Haji dan Umroh, Kanwil Kemenag Riau, Syahruddin di Pekanbaru, Selasa, 21 November 2023.

Untuk kuota reguler, kata Syahruddin, nama-nama jamaah calon haji sudah ada dan sudah mendapatkan nomor porsi masing-masing. Masyarakat dapat melihat nomor porsi masing-masing secara online melalui aplikasi yang sudah disiapkan Kemenag RI.

"Nomor porsi bisa dilihat melalui aplikasi haji pintar bisa download melalui play store. Disana akan muncul semua informasi tentang data jamaah calon haji. Mulai dari nomor porsi dan perkiraan tahun berangkat," katanya.


Syahruddin mengatakan ibadah yang wajib untuk umat Islam adalah melaksanakan haji ke Baitullah (Makkah) bagi yang mampu. Ibadah ini merupakan rukun kelima dalam Islam dan dilakukan jauh sebelum diutus Nabi Muhammad SAW.

Ibadah haji katanya mengandung dua hikmah sekaligus yakni pertama ibadah haji adalah manisfestasi penghambaan serta wahana menampakkan diri terlihat ketika ihram. Orang berhaji dilarang berhias.

Saat mengenakan pakaian ihram maka ia dituntut berpenampilan sangat sederhana dan menampakkan perasaan butuh pertolongan dan rahmat dari Allah SWT.

"Haji merupakan salah satu bentuk ibadah umat Islam selain syahadat, salat, puas adan zakat. Berhaji adalah berkunjung ke Baitullah untuk melakukan ibadah pada waktu dan cara tertentu bagi umat Islam yang mampu secara fisik dan finansial," demikian Syahruddin.(ANTARA)