Pemukiman Warga Banjir Setengah Meter tapi BPBD Mengaku Belum Punya Laporan

Banjir-di-tangkerang-pekanbaru1.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Beberapa pemukiman masyarakat di Pekanbaru mengalami banjir ketika hujan mengguyur dengan intensitas sedang hingga deras beberapa hari ini.

 

Seperti terjadi di pemukiman Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Jumat, 17 November 2023 kemarin. Air yang menggenangi pemukiman masyarakat mencapai setengah meter.

 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra mengaku belum mencatat wilayah mana saja yang terdampak banjir. Dirinya mengaku belum menerima laporan terkait lokasi terdampak banjir.

 

Meski begitu, tim BPBD Kota Pekanbaru masih menyebar di titik rawan banjir. "Sampai saat ini belum ada laporan, kita masih menunggu informasi dari tim di lapangan," ujarnya, 19 November 2023.

 

Ia menyampaikan, tim BPBD bakal menindaklanjuti kondisi terkini di lokasi terdampak banjir. Pihaknya siap membantu dengan mengerahkan personel maupun perahu karet.


 

"Tapi memang sampai saat ini belum ada laporan, nanti masyarakat bisa melapor ke kami," paparnya.

 

Sejumlah kawasan di Kota Pekanbaru kerap mengalami banjir kala hujan. Seperti di Jalan Cipta Karya, Jalan HR Soebrantas, Jalan Paus, Jalan Sepakat menuju Jalan Karet, Jalan Siak II, Jalan Arengka II, Puyuh Mas Tangkerang Tengah.

 

Masyarakat di wilayah rawan banjir pun mesti waspada. Sejumlah faktor penyebab banjir yang menggenangi pemukiman dan ruas jalan ini akibat luapan drainase.