Revitalisasi Rampung, Ratusan Pedagang Segera Jualan di Pasar Palapa

Wajah-baru-pasar-palapa.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan pedagang segera menempati Pasar Palapa Pekanbaru yang telah direvitalisasi dengan konsep baru. Proses revitalisasi akhirnya rampung pada November ini.

Rangkaian pembangunan pasar modern itu rampung setelah tiga bulan lebih pengerjaan. Revitalisasi Pasar Pasar ini dimulai pada 26 Juli 2023 lalu.

Kini pasar dengan konsep hall dengan ukuran 25x30 meter sudah siap ditempati para pedagang. Atap dengan rangka baja menutupi pasar di bagian belakang bangunan Pasar Palapa, Jalan Durian.

"Kita memastikan untuk revitalisasi Pasar Palapa sudah rampung seratus persen, tentu akan segera difungsikan," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Senin 13 November 2023.


Dinas sudah melakukan sosialisasi dan pertemuan dengan pedagang di Pasar Palapa. Ia menyebut saat ini ada sekitar 120 pedagang bakal menempati pasar revitalisasi.

Pertemuan itu juga membahas tentang penempatan di bangunan yang sudah selesai dibangun. Penempatannya sudah ditata agar posisinya berkeadilan sehingga tidak ada yang keberatan.

Pria disapa Ami tidak ingin ada pedagang yang berjualan di Pasar Palapa malah belum mendapat lapak di sana. Ia memastikan ratusan pedagang tersebut sudah mendapatkan lapak berjualan di tempat revitalisasi. 

Mantan Camat Rumbai ini mengaku pedagang menyambut baik revitalisasi pasar ini. Pasar Palapa sejak pembangunannya pada tahun 2002 silam belum pernah diperbaiki.

Pemerintah kota bersyukur akhirnya mendapat gelontoran anggaran dari Kementerian Perdagangan tahun ini. Mereka mendapat dana tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp 3 miliar.