Harga Cabai Makin Pedas, Dapot Sinaga Minta Disperindag Turun ke Lapangan

Cabai4.jpg
(Riau Online/Winda Turnip)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menjelang akhir tahun harga bahan pokok jenis cabai kian meroket, dari pantauan Riau Online di Pasar Selasa Panam, pada, Kamis 9 November 2023, harga cabai merah Bukittinggi Rp70 ribu per kilogram.

 

Mengetahui hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD kota Pekanbaru Dapot Sinaga mengatakan, pihaknya sudah mengimbau Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk langsung turun kelapangan guna memperhatikan apa yang menjadi kendala masyarakat.

 

"Dua minggu yang lalu, kami sudah memanggil dan menyampaikan kepada Disperindag untuk turun langsung kelapangan, agar betul- betul memperhatikan apa kendalanya, supaya masyarakat tidak resah untuk mendapatkan sembako khususnya cabai, apalagi sekarang situasinya menjelang natal dan tahun baru," ujarnya, Jumat 10 November 2023.


 

Menurutnya, mahalnya harga cabai disebabkan karena perubahan cuaca tidak menentu yang terjadi di daerah produksi atau penghasil cabai.

 

"Menurut analisa kita dilapangan, cabai langka disebabkan Karena, musim yang tidak jelas di daerah penghasil cabai, kadang panas kadang hujan, jadi petani gagal panen," lanjutnya.

 

Diketahui, daerah produksi cabai di Indonesia yakni, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.