4.090 Bidang Tanah Warga Pekanbaru Sudah Terdaftar Lewat Program PTSL 2023

ilustrasi-sertifikat-tanah.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan bidang tanah terdaftar lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Pekanbaru tahun 2023. Proses pengumpulan data dan pengukuran bidang tanah dalam PTSL sudah tuntas.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru, Doni Syafrial, menyampaikan bahwa capaian tahun 2023 di Kota Pekanbaru sudah memenuhi target. Pada kegiatan PTSL di Kantor Pertanahan (Kantah) Pekanbaru tahun 2023 targetnya mencapai 4.090 bidang tanah.

"Alhamdulillah kegiatan di lapangan sudah selesai, dalam hal ini pengumpulan data dan pengukuran dan saat ini sedang roses di aplikasi kita untuk penyelesaian sertifikatnya," jelasnya, Selasa 7 November 2023.

Ia menyampaikan, dalam waktu dekat sertifikat tanah warga yang mengurus lewat PTSL segera dibagikan. Program ini pada tahun 2023 menjangkau 18 kelurahan yang menyebar di tujuh kecamatan. 

Lokasinya yakni di Kecamatan Tenayan Raya ada di Kelurahan Bencah Lesung. Sedangkan di Kecamatan Kulim ada di dua kelurahan yakni Pebatuan dan Mentangor. Kemudian di Kecamatan Rumbai ada di beberapa kelurahan yakni Sri Meranti.


Program juga menyasar Kelurahan Umban Sari, Palas dan Muara Fajar Timur. Lalu di Kecamatan Rumbai Pesisir ada di sejumlah kelurahan yakni Tebing Tinggi Okura, Lembah Damai, Meranti Pandak, Limbungan dan Lembah Sari.

Lebih jauh Doni menuturkan, program ini juga berlangsung di Kecamatan Rumbai Barat tepatnya di Kelurahan Rumbai Bukit dan Kelurahan Agrowisata. Ada juga di Kecamatan Tuah Madani yakni di Kelurahan Sialang Munggu dan Kelurahan Sidomulyo Barat.

Program PTSL tahun ini juga berlangsung di Kecamatan Marpoyan Damai. Ada di dua  kelurahan yakni Tangerang Tengah dan Sidomulyo Timur.

Doni menambahkan di tahun depan ada rencana 2.000 bidang tanah milik masyarakat punya kesempatan untuk didaftarkan PTSL. 

"Insya Allah prosesnya akan kita mulai pada awal Desember tahun 2023," paparnya.

Proses untuk PTSL tahun 2024 di Kota Pekanbaru pada tahap awal berupa sosialisasi kepada masyarakat. Pihaknya juga proses pengumpulan dokumen sehingga di awal tahun depan PTSL bisa dimulai.