Usai Jebol Tembok, Mahasiswa Unri Rencanakan Perbaikan Drainase Bersama Dosen

Jalan-rusak29.jpg
(Riau Online/Novrika Sona Rohana)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pada Minggu 29 Oktober 2023 lau, beberapa mahasiswa Universitas Riau (Unri), melakukan aksi nekat menjebolkan tembok unri untuk, membuat saluran air yang tergenang di jalan berlubang.

Seorang mahasiswa Unri Muhammad Rafi mengatakan, aksi tersebut dilakukan secara spontan, pasalnya air yang tergenang menutupi jalanan yang berlubang.

"Kami jebolkan tembok itu tanpa ada perencanaan, itu tindakan spontan yang bisa kami lakukan ketika melihat jalan yang berlubang digenangi air, kalau airnya menutup jalan, pengendara bisa tertipu, disangkanya jalan itu mulus taunya berlubang, kan bahaya," ujar Raffi ketika diwawancarai pada, Senin 6 November 2023.

Diketahui, air yang tergenang juga disebabkan karena, drainase yang ada sudah tersumbat oleh tumpukan sampah dan beberapa kali pihaknya sudah mencoba untuk membersihkan sampah yang menyumbat drainase tersebut namun, usahanya tetap sia-sia saja.

"Sebelumnya kami juga sudah pernah buat aksi bersihkan lingkungan, khususnya sampah yang berserakan, tapi tetap aja drainase nya tersumbat, cara satu-satunya biar air mengalir kami jebolkan laa tembok nya," jelasnya.


Disinggung terkait penambalan tembok yang telah dihancurkan, Raffi mengatakan untuk sementara waktu tembok akan dibiarkan berlubang, pasalnya curah hujan belakangan ini cukup deras dan kemungkinan akan kembali menimbulkan genangan air.

"Rencananya belum, toh kemarin masih banjir juga, jadi kurang efektif, untuk sementara temboknya akan dibiarkan seperti itu dan tembok yang kami jebolkan hanya sedikit saja dibawah, tidak sampai satu blok," lanjutnya.

Lebih lanjut, Rafi mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang merencanakan aksi baru yakni, Revitalisasi gorong-gorong dan penanaman biopori yang akan dilaksanakan bersama dengan dosen Unri.

"Terkait drainase dan jalan banjir di kota Pekanbaru sedang direncanakan bersama beberapa dosen, untuk revitalisasi gorong gorong dan penanaman biopori namun, untuk waktunya belum bisa kami sebutkan karena, ini masih dalam perencanaan belum diproses lebih lanjut," tutupnya.

Artikel ini ditulis Novrika Sona Rohana, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE