Riau Hari Ini Bakal Diguyur Hujan Seharian

Ilustrasi-hujan6.jpg
(Foto: Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan masih berpotensi mengguyur Riau pada Senin, 6 November 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Riau bakal diguyur hujan seharian.

Forecaster BMKG Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna, mengatakan udara Riau pada pagi ini kabur dan cerah berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kampar, dan Rokan Hulu.

Sedangkan pada siang hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kampar.

"Sore hingga malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," kata Yasir.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga berpotensi terjadi saat dini hari di ebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Pekanbaru.


Yasir mengimbau masyarakat untuk waspada mengingat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di sebagai Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi Indragiri Hulu, Kampar, Bengkalis, Siak.

"Pekanbaru pada siang atau sore dan malam atau dini hari," imbaunya.

Sementara suhu udara berada pada 22.0–33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 55-99 persen, dan angin bertiup dari Timur Laut menuju Selatan di kecepatan 10-30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 - 0.50 m atau Tenang," jelasnya.

Sedangkan titik panas (hotspot) di Riau terpantau hanya 1 titik, yakni berada di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Satu titik panas di Riau muncul," sebutnya.