Picu Kemacetan, Traffic Light di Simpang Jalan Harapan Raya Mati

traffic-light-harapan-raya-mati.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Traffic Light di Simpang Jalan Harapan Raya, Pekanbaru mati. Hal ini membuat kendaraan yang melintas menjadi tidak beraturan, terlebih di saat jam kerja.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 4 November 2023, terlihat ke 3 traffic light tersebut mati. Banyak pengendara yang melintas sesuka hati sehingga menimbulkan kemacetan.

Juru Parkir sekitar, Eki (38) mengatakan semua traffic light di simpang ini mati sejak satu minggu lamanya.

"Sehingga terkadang macet kalau jalan sedang ramai-ramainya. Sementara untuk faktor penyebab matinya masih belum diketahui, sejauh ini juga masih belum ada kejadian selain macet," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu 4 November 2023.

Sementara pengedara sepeda motor, Budi (34) mengungkapkan sejak trafict light ini tidak menyala, ia kerap terhalang macet.


"Padahal biasanya menyala, tapi udah seminggu ini mati. Tidak tahu penyebabnya, dan ini sangat menyulitkan terutama kalau jam-jam pulang kerja, atau pergi kerja itu macet karena banyak orang yang terburu buru. Mereka main langgar saja tanpa pedulikan kendaraan lain yang melintas," ungkapnya.

Menurutnya, traffic light dibuat agar kendaraan yang melintas lebih beraturan sekaligus sebagai pencegah kecelakaan juga.

"Kalau mati seperti ini kan jadi berdampak buruk bagi pengendara, kalau ada yang menyelip tiba-tiba lalu ada lawan bisa saja kecelakaan," tuturnya.

Budi berharap pemerintah terkait bertanggungjawab mengenai traffic light agar segara diperbaiki.

"Harus lebih tekun lagi, pemerintah harus tegas kepada petugas untuk memperbaiki lampu lalu lintas ini. Jangan tunggu ada kejadian yang tidak diinginkan baru diperbaiki. Dan harus sering-sering memantau traffic light yang memang tidak berfungsi, karena tidak hanya disini masih ada tempat lain yang pernah saya lihat," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Anissa Alzikri peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE