TPS Ilegal Menjamur di Sudut Jalan Jenderal Sudirman, Warga: Tak Ada Pilihan

Sampah-di-sudut-sudirman.jpg
(Abimasarmansyah/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tumpukan sampah di sudut Jalan Jenderal Sudirman kian memprihatinkan. Hal ini memperburuk kondisi jalan protokol Kota Pekanbaru itu.

Menurut pantauan RIAU ONLINE, Jumat 27 Oktober 2023, tumpukan sampah terlihat hampir di setiap sudut Jalan Jenderal Sudirman.

Sampah yang menumpuk tersebut merupakan sampah yang dibuang warga sekitar dan pengguna jalan. Beberapa titik di jalan itu bahwa dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sementara (TPS) ilegal. Seperti yang terlihat di dekat Hotel Pangeran, di depan Gang Masjid As-sa'adah, antara fly over Sudirman, hingga Gang Rambai.

Ujang (50) warga setempat, mengaku sering membuang sampah di tempat tersebut, sebab selain tempat tersebut tidak ada tempat pembuangan lainnya.


"Kalau buang sampah ya di sini, biasa semua orang sini buangnya, tak ada pilihan lain,” katanya kepada RIAU ONLINE.

Ujang menjelaskan sempat ada larangan membuang sampah di TPS ilegal tersebut, bahkan ada petugas yang berjaga, dengan denda yang diberlakukan bagi warga yang membuat sampah di sana. Namun, larangan itu tidak berlangsung lama dan warga kembali membuang sampah di TPS ilegal itu karena tidak adanya tempat pembuangan sampah legal terdekat.

"Buang sampah di sini aslinya dilarang, sempat ada yang jaga kalau ketahuan akan didenda, tapi itu sebentar aja, tampak ada yang buang berarti dah balik lagi akhirnya ikut buang juga. Itu juga karena TPS legal tak ada yang dekat, jadi sini aja dekat,” jelasnya.

Menurut Ujang, warga setempat biasa membuang sampah mereka, sekitaran pukul 17.00 WIB sampai tengah malam. Alhasil, sampah menumpuk saat pagi hingga pukul 10.00 WIB, sebelum diangkut petugas.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE