DPKP Pekanbaru Siagakan Unit Damkar Antisipasi Kebakaran saat Pemilu 2024

Kadis-DPKP.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Penyelenggaran pemilu hanya tinggal beberapa bulan lagi. Sejumlah mobil pemadam kebakaran atau damkar pun disiapkan untuk membantu aparat keamanan dalam menjaga rangkaian Pemilu 2024.

Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menyebut bahwa para personel dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru juga ikut membantu pengamanan pemilu.

"Apabila memang ada aksi anarkis dengan pembakaran dalam rangkaian pemilu mendatang, kami siap membantu upaya pemadaman," ujarnya, Jumat 27 Oktober 2023.

Burhan berharap aksi anarki tidak terjadi, namun pihaknya tetap menyiagakan unit damkar dan personel untuk membantu pemadaman. Ia menyiagakan armada damkar di sejumlah pos dan objek vital selama pemilu 2024 berlangsung.



Penjagaan juga dilakukan di titik rawan aksi anarkis saat penghitungan suara dalam pemilu. Pihaknya bersama aparat keamanan berjaga mencegah aksi pembakaran karena tidak puas dengan hasil penghitungan suara.

"Termasuk setelah penghitungan suara, kami juga siaga di beberapa titik rawan. Apabila dibutuhkan, kami akan siagakan unit damkar," katanya.

Burhan menyebut, sesuai arahan dari Kapolda Riau tentu pihaknya bersinergi dengan aparat dari TNI dan Polri dalam penganaman pemilu. Pihaknya juga terlibat dalam simulasi pengamanan kota pada pekan lalu.

Mereka ikut ambil bagian dalam simulasi tersebut untuk memadamkan api yang disebabkan oleh aksi anarkis. "Pada intinya kita siap, kita siaga 24 jam, kapan diminta disiapkan armada damkar," pungkasnya.