Pembayaran Non Tunai Bus TMP Jadi Momok Penumpang Paruh Baya dan Lansia

Bus-TMP.jpg
(Riau Online/Novrika Sona Rohana)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi semakin canggih, seperti sistem pembayaran tarif bus angkutan, yang awalnya menggunakan uang tunai kini beralih ke metode pembayaran non tunai.

Sistem pembayaran non tunai ini sudah ditetapkan di kota Pekanbaru oleh bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) pada Juli 2023 lalu.

Pembayaran non tunai dapat dilakukan menggunakan kartu brizzi, selain itu dapat juga menggunakan saldo digital melalui aplikasi DANA, OVO dan Shopeepay.

Penumpang bus TMP Rona (50), menilai sistem pembayaran non tunai ini merepotkan baginya, karena sudah terbiasa dengan sistem cashless dan terkadang lupa membawa kartu brizzi.

"Kadang lupa bawa kartu, jadi repot kalau mau pergi harus nyari kartu dulu," ujarnya, Kamis 26 Oktober 2023.


Menurutnya, pembayaran yang dilakukan melalui aplikasi menyulitkan, baginya diusia sekarang tidak mengerti tentang teknologi."Kalau mau bayar pakai aplikasi, saya tidak paham dengan caranya," jelasnya.

Lebih lanjut Rona mengatakan, kebijakan ini memang sudah seharusnya ada melihat perkembangan zaman. Namun, ia berharap bagi lansia sepertinya, dapat diberikan ruang untuk metode pembayaran cash.

"Memang sekarang sudah serba canggih, tapi kita yang udah tua kan susah, mau belajar pun sudah payah," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Novrika Sona Rohana peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE