Sekolah Terbakar, Murid SDN 83 Pekanbaru Diperkirakan Menumpang Belajar Sampai Tahun Depan

Kebakaran46.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para murid SDN 83 Pekanbaru saat ini masih menumpang belajar. Mereka terpaksa menumpang belajar sementara pasca kebakaran menghanguskan bangunan sekolah di Jalan Pontianak.

Ada lebih 500 murid menumpang belajar di tiga SDN. Sekolah itu yakni SDN 29 Pekanbaru, SDN 66 Pekanbaru dan SDN 67 Pekanbaru. Mereka masuk sesi siang sebanyak 18 rombongan belajar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal memperkirakan para murid menumpang belajar hingga beberapa bulan. Kondisi ini seiring proses perbaikan dan pembangunan kembali SDN 83 Pekanbaru.

Jamal menyebut bahwa perbaikan segera dilakukan untuk bagian atas yang terbakar. Pihaknya berencana menggunakan anggaran dari Belanja Tidak Tetap (BTT) APBD Kota Pekanbaru tahun 2023.

"Nanti kita pakai BTT, itu sesuai arahan pak wali. Kalau BTT bisa kita tuntaskan dalam beberapa bulan ini. Tapi kalau tidak, berarti murni lah, mungkin bulan dua kita bangun," jelasnya, Senin 23 Oktober 2023.


Dirinya menyampaikan, perbaikan meliputi ruang kelas bagian atas yakni atap, plafon dan jaringan listrik. Sedangkan bangunan satunya bakal dirobohkan karena sebagian besar bangunan terbakar dari bawah.

Lebih jauh ia menuturkan, kebutuhan anggaran untuk bagian atas mencapai Rp 500 juta. Sedangkan untuk membangun kembali bangunan yang habis terbakar butuh anggaran sekitar Rp 1 miliar.

Dirinya menyebut bahwa empat kelas itu berada di bangunan dua lantai. Ada dua kelas di atas dan dua kelas di bagian bawah. Konsultan saat ini sedang menghitung kebutuhan anggaran perbaikan sekolah

"Itu untuk membangun empat kelas yang habis terbakar dan perbaikan bagian atas. Kita turunkan konsultan untuk menghitung kebutuhan anggaran, berapa total kebutuhannya," imbuhnya.