12 Tahun Berdiri, Tugu Zapin Mulai Keropos Termakan Usia

Tugu-Zapin-di-Pekanbaru2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tugu Zapin atau Tugu Titik Nol yang ada di Jalan Jendral Sudirman - Jalan Gajah Mada Kota Pekanbaru mulai keropos termakan usia, Selasa, 24 Oktober 2023.

Tugu setinggi  7 meter tersebut dibangun pada masa kepemimpinan Gubernur Riau, Rusli Zainal, dan diresmikan pada 2011. 

Tugu Zapin ini adalah karya seni pematung ternama dunia asal Bali, I Nyoman Nuarta. Ia merupakan satu di antara sejumlah pelopor Gerakan Seni Rupa Baru. 

I Nyoman juga dikenal lewat mahakaryanya seperti Patung Fatmawati Soekarno, Patung Garuda Wisnu Kencana, Monumen Jalesveva Jayamahe, serta Monumen Proklamasi Indonesia. 

Dulunya, Tugu Zapin ini menggantikan Tugu Pesawat Tempur yang ada pada masa Gubernur Riau Imam Munandar. Kini, tugu pesawat tempur tersebut ditempatkan di halaman Gedung Juang 45, Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru.


Kontroversi Tugu Zapin

Tugu yang menggambarkan sepasang manusia tengah menari itu terletak di persimpangan tengah kota, persisnya di depan Kantor Gubernur Riau. 

Tugu Zapin dibalut dengan perak dan tembaga ini memakan anggaran Rp 4 miliar dan menuai kontroversi bagi masyarakat Melayu.

Alasannya, objek perempuannya begitu menampilkan eksotisme karena lekukan tubuh si patung wanita yang terlalu ditonjolkan. Hal itu dianggap tidak sesuai dengan makna dari nama Tugu Zapin yang seharusnya memiliki kemurnian arti sebagai wujud seni budaya masyarakat Riau.

Menurut kajian seorang Design Engineer, tugu ini seharusnya hanya memakan biaya sekitar Rp 500 juta untuk fisiknya, dan jika ditambahkan untuk biaya prosesnya akan menjadi kurang dari Rp 2 miliar.

Sudah 12 tahun berdiri, kini ikon Kota Pekanbaru ini sudah mulai keropos. Bahkan, beberapa bagian sudah mulai berlobang.