Harimau Sumatera Terekam Jalan-jalan dalam Areal Konsesi HTI di Siak

Harimau-sumatera-di-konsesi-hti.jpg
(Dok. BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beredar video di media sosial, kemunculan Harimau Sumatera di Kilometer 14, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerjunkan tim ke lokasi terkait kemunculan satwa dilindungi tersebut.

Kepala BBKSDA Riau, Genman Hasibuan mengatakan, tim Resort Siak menuju lokasi PT Arara Abadi, dimana terekamnya satwa Harimau Sumatera di Kilometer 14 Kecamatan Pusako.

“Tim berkoordinasi dengan pihak keamanan perusahaan dan menanyakan perihal video tersebut di areal konsesi HTI,” ujar Genman, Minggu, 22 Oktober 2023.

Kepala BBKSDA Riau menambahkan, kemunculan harimau tersebut masih berada di habitat alaminya, karena satu hamparan dengan kawasan Taman Nasional Zamrud.



“Diketahui bahwa keberadaan harimau tersebut di habitat alaminya dan masih satu hamparan dengan kawasan TN Zamrud,” jelasnya.

Selanjutnya, terkait kemunculan satwa dilindungi itu, tim BBKSDA Riau telah memasang kamera trap di sekitar lokasi kemunculan harimau sumatera.

“Kemunculan Harimau Sumatera diduga karena adanya ternak sapi yang digembalakan dan berkeliaran di konsesi HTI dan menurut data memang pernah ada sapi yang dimangsa oleh harimau,” ungkapnya.

Selanjutnya, BBKSDA Riau mengimbau pekerja dan masyarakat sekitar untuk berhati-hati saat beraktivitas.

“Terutama pada waktu harimau aktif itu di waktu sore sampai pagi hari, diharapkan masyarakat tidak beraktivitas seorang diri,” tutupnya.