Solar Mulai Langka di Pekanbaru, Tokoh Masyarakat Ingatkan Pertamina Jangan Sampai Masyarakat Kesulitan

Ilustrasi-SPBU-kumparan.jpg
(Aditia Noviansyah/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar subsidi mulai langka di Riau. Imbasnya terjadi antrean mobil diesel di sejumlah SPBU di Kota Pekanbaru. 

Mantan Ketua DPRD Riau, Chaidir, angkat suara menanggapi kelangkaan solar yang terjadi di Kota Bertuah.

Menurut Chaidir, Pertamina dan pengelola Migas perlu untuk mengelola dan memperhatikan masalah ini agar tidak menyulitkan masyarakat mendapatkan kebutuhan BBM subsidi ini.

"Kelangkaan ini biasa terjadi, maka dari itu Pertamina dan pihak pengelola lainnya pasti sudah siap dengan kondisi seperti ini, jadi mereka harus mampu mengelola dan tolong perhatikan dengan baik agar masyarakat tidak susah mendapatkan kebutuhan solar,” ujarnya kepada RIAU ONLINE, Kamis, 19 Oktober 2023.

Riau dikenal dengan negeri di bawah minyak dan di atas minyak, ternyata juga bisa mengalami kelangkaan solar. 


Meski begitu, Chaidir menyebut kelangkaan BBM ini tidak hanya terjadi di Riau, namun nasional. Menurutnya, banyak penyebab yang membuat konsumsi solar meningkat, satu di antaranya penimbunan yang dilakukan oleh oknum.

"Asumsi seperti itu memang harus ada di setiap rakyat Riau. Itu tanda kita cerdas, tapi kelangkaan minyak sekarang ini terjadi secara nasional, banyak penyebabnya seperti konsumsi solar meningkat sampai penimbunan oleh oknum,” terangnya.

Chaidir pun mengajak masyarakat bersabar dan menikmati kelangkaan ini. Ia berharap kelangkaan solar ini cepat berlalu.

"Untuk sekarang mari kita bersabar dan menikmati kelangkaan ini, saya yakin tidak lama lagi sudah kembali normal, semoga kelangkaan ini cepat berlalu," pungkasnya.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE