Riau Tuan Rumah Porwil XI Sumatera 2023 Dua Pekan Lagi, Cek Cabor Favoritmu

Porwil-XI-Sumatera.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Tahun 2023. Agenda terbesar se-Sumatera ini akan digelar pada 4-14 November 2023.

Sebanyak 10 cabang olahraga (Cabor) akan dipertandingkan dengan jumlah 114 nomor pertandingan. PB Porwil Riau akan segera mengumumkan jadwal dari masing-masing nomor yang dipertandingkan tersebut.

 

"Nomor pertandingan sudah final. Ada 144 nomor dari 10 Cabor untuk Porwil Sumatera XI," ujar Wakil Ketua III KONI Riau, Khairul Fahmi, Kamis 19 Oktober 2023.

 

Cabor-cabor yang akan dipertandingkan tersebut diantaranya, Cabor Atletik mempertandingkan 47 nomor, Cabor Barongsai 10 nomor, Cabor Bola Tangan 2 nomor, Cabor Bola Voli indoor 2 nomor. Kemudian Cabor Catur 18 nomor, Cabor E-sport 5 nomor, Cabor Renang 38 nomor, Sepakbola 1 nomor, Sepak Takraw 10 nomor dan Wushu 11 nomor.

 

Nomor dan Cabor yang diperdagangkan tersebut merupakan Cabor dan nomor yang akan dipertandingkan pada PON 2024 Aceh-Sumut mendatang. 

 

"Karena patokannya adalah PON," jelasnya.

 


Sebelumnya, Panitia Besar Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera telah mencatat sebanyak 2.657 nama berdasarkan pendataan entry by name by number yang berlangsung selama September 2023 lalu.

 

Jumlah tersebut merupakan nama-nama dari delapan provinsi di Sumatera yang akan mengikuti Porwil XI Sumatera pada 4 hingga 14 November 2023 mendatang.

 

Ketua bidang pertandingan Porwil XI, Pusdi, dari 2.657 entry by name yang masuk, jumlah atlet sebanyak 1.320 orang, dan official sebanyak 1.337 orang. 

 

"Pendaftaran entry by name dan entry by number dibuka mulai tanggal 1 September hingga 30 September. Dari seluruh pendaftaran kontingen se-Sumatra, data yang kami terima sebanyak 2.657 nama yang masuk," ujarnya.

 

Ia mengatakan, data entry by name by number tersebut sudah diverifikasi. 

 

"Semua data yang masuk selanjutnya akan di rekap, mulai dari atlet dan kelengkapan administrasinya. Di verifikasi semua data atlet yang masuk, dan akan ditetapkan pada delegation registrasion meeting (DRM)," jelasnya.

 

Mengingat waktu pertandingan yang semakin mendekat, PB Porwil dan jajaran terkait juga telah memaksimalkan perbaikan venue-venue yang akan digunakan pada penyelenggaraan Porwil Sumatera XI tersebut.