Motivasi Masyarakat Gemar Makan Ikan, DKP Riau Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Lomba-masak-ikan-di-dkp-riau.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 dengan mengusung tema Ikan Untuk Generasi Emas pada Kamis 19 Oktober 2023. 

Kepala DKP Riau, Tengku Fauzan Tambusai, menyampaikan tujuan digelarnya lomba ini untuk melahirkan anak-anak generasi emas gemar makan ikan di Provinsi Riau.

Ia menjelaskan bahwa yang menjadi peserta dalam acara ini terdiri dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau. 

"Dari semua peserta yang hadir hanya sembilan kabupaten atau kota. Tiga nihil, yang tidak hadir yaitu kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan setiap peserta yang hadir telah dilakukan seleksi di tingkat kabupaten atau kota masing-masing. 

"Rangkaian itu dimulai dari tingkat kecamatan, mereka bergerak bekerjasama dengan tim penggerak PKK, sehingga keluarlah nominasi yang ada di masing-masing kabupaten kota  yang dipertandingkan di Provinsi riau," jelasnya. 


Tengku Fauzan Tambusai berharap dengan diadakannya perlombaan ini dapat menghasilkan peserta-peserta handal yang akan dibawa ke tingkat nasional untuk mengharumkan nama baik Provinsi Riau. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan hasil tinjauannya bersama asisten gubernur dan ibu gubernur Provinsi Riau, menu-menu yang disajikan dalam perlombaan ini lebih banyak menampilkan menu-menu dari Eropa. 

Sesuai dengan perkembangan kuliner saat ini, dimana anak-anak muda sangat menyukai hal-hal yang bersifat kekinian.

Ke depannya, adanya kegiatan ini dapat memberikan efek kepada masyarakat Riau agar lebih menikmati makanan atau kudapan dengan menu utama berbahan dasar ikan. 

"Inilah nantinya yang bisa memberikan  memberikan kontribusi baik terhadap masyarakat kita dengan tujuannya untuk melahirkan anak anak emas yang dilahirkan dari Provinsi Riau sendiri," tutupnya.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE