6 Anggota DPRD Riau Tinggalkan Fraksi Sejak Juni, PAW Tak Kunjung Dilakukan

Gedung-DPRD-Riau2.jpg
(riau.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Enam anggota DPRD Provinsi Riau telah meninggalkan fraksi sejak Juni 2023. Namun hingga saat ini, Pengganti Antar Waktu (PAW) bagi keenam anggota dewan tersebut tak kunjung dilakukan.

Keenam anggota tersebut Amyurlis alias Ucok dari Fraksi Golkar dan Ardiansyah dari Fraksi PKS yang meninggal dunia. Selanjutnya, Sulastri dari Partai Golkar, Muhammad Aulia dari Fraksi Gerindra, Sahroni Tua dari Demokrat dan Kasir dari Hanura yang keempatnya berpindah partai untuk maju pada Pileg 2024. 

Anggota DPRD Provinsi Riau, Mardianto Manan, mengatakan sebelumnya sempat akan diagendakan paripurna pemberhentian Muhammad Aulia pada Senin 16 Oktober 2023. Namun, rencana tersebut dibatalkan untuk alasan yang belum bisa dipastikan.

"Memang kemarin ada Paripurna, rencananya membahas Ranperda tentang fasilitas penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah dan mengumumkan pemberhentian Anggota DPRD Riau Fraksi Gerindra Muhammad Aulia. Tetapi batal. Saya tidak tahu apa alasan batalnya, Tapi seharusnya paginya ada Banmus dan Banmus ini batal. Alasan batalnya tak tahu karena saya bukan anggota Banmus," ujarnya, Selasa 17 Oktober 2023.


Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila paripurna terkait PAW bagi anggota yang telah meninggalkan fraksi, maka perlu dibahas sebelumnya di Banmus. 

"Karena memang kalau akan di paripurnakan itu perlu dibahas dulu di Banmus. Apapun yang dirapatkan di paripurna harus dibunyikan dulu di Banmus," pungkasnya.