Pidato Syamsuar Jelang Akhir Kepemimpinannya, Harapkan Pembangunan Riau Lebih Maju

Syamsuar824.jpg
(Dok. Riau.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, menyampaikan pesan-pesan menjelang akhir kepemimpinannya kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, dalam Apel di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Senin 16 Oktober 2023. 

Pada pidatonya, ia menyampaikan harapan agar percepatan pembangunan infrastruktur di Provinsi Riau semakin melaju. Pasalnya, di masa kepemimpinannya, Participating Interest (PI) 10 Persen telah diperjuangkan dari Pertamina. 

"Alhamdulillah saya sudah mengurus Participating Interest 10% dari Pertamina, dan itu sudah disetujui oleh Pertamina dan SKK Migas, serta telah disetujui Menteri ESDM," ujarnya.

Menurutnya, anggaran dari PI 10 persen itu akan diterima oleh Pemprov Riau pada tahun ini.

"Insya Allah dalam tahun ini uang tersebut bisa kita terima, dan ini jumlahnya tidak sedikit, satu triliun lebih. Makanya manfaatkan uang ini nanti dengan sebaik-baiknya," jelasnya.

Lebih lanjut, Syamsuar memaparkan evaluasi kinerja Pemprov Riau selama tahun 2023. Menurutnya, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menunjukkan kinerja yang baik, dan sejumlah lainnya belum mampu merealisasikan kegiatan dan keuangan sesuai harapan. 



"Saya harapkan pimpinan masing-masing OPD agar mempercepat dan menyegerakan pelaksanaan kegiatan ini sehingga harapan kita bisa bisa bermanfaat bagi tugas penyelenggaraan pemerintah sekaligus juga meningkatkan perekonomian kerakyatan," jelasnya. 

Sosok yang bergelar Datuk Seri Setia Amanah ini juga berpesan agar setiap ASN dalam OPD-nya, mempertahankan dan memaksimalkan pelayanan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Hal ini nantinya dapat dinilai berdasarkan peninjauan Menteri maupun Deputi Pelayanan Publik RI. 

"Kita sudah ada peningkatan, meskipun demikian kita tidak bisa puas dengan kondisi sekarang dan ke depan kita akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dan mau tak mau harus menyesuaikan dengan digital," jelasnya. 

Tak hanya itu, Syamsuar juga menyampaikan hasil dari kepemimpinannya yang sudah diganjar dengan sejumlah penghargaan. 

"Insya Allah kita juga akan mendapatkan penghargaan digital dari Menkominfo dan nantinya akan diterima oleh pak Wakil Gubernur. Beberapa waktu lalu kita menerima penghargaan dari Bank Indonesia karena telah melakukan keuangan dengan digital. Capaian ini tidaklah mudah, tentunya ini berkat dukungan kita semua yang telah bekerja dengan serius," paparnya.

"Untuk pendidikan kita terbaik di Pulau Sumatera dan setara dengan daerah yang ada di Pulau Jawa meskipun," jelasnya.

Terakhir, Syamsuar meminta maaf dan doa agar senantiasa diberikan kesehatan bagi dirinya dan keluarga. Sehingga mampu terus berbakti bagi Provinsi Riau.