Pasar Bawah Direnovasi, Pedagang Bakal Pindah Sementara ke Eks Pelabuhan Pelindo

Pasar-Bawah2.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Relokasi pedagang Pasar Bawah Pasar Wisata Kota Pekanbaru segera bergulir pada 1 November 2023. Relokasi ini seiring adanya renovasi pasar milik pemerintah tersebut.

Para pedagang bakal direlokasi secara serentak atau dipindahkan untuk sementara ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) di kawasan eks Pelabuhan Pelindo. Mereka sudah bisa menempati tempat penampungan yang disiapkan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyampaikan, sebelum melakukan relokasi, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada para pedagang.

"Rencananya tanggal 23 bulan ini kita akan sosialisasi agar nanti para pedagang ini dapat kita relokasi. Jadi, nanti serentak tanggal 1 November sudah pindah," paparnya, Minggu 15 Oktober 2023.

Renovasi Pasar Bawah dikerjakan oleh PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) selaku pengelola yang baru. Zulhelmi menyebut, target renovasi bisa tuntas dalam waktu satu tahun.


"Jadi harapan kita, 1 November tahun depan, kita sudah punya wajah Pasar Bawah yang baru," sebutnya.

Pemko Pekanbaru sudah menjalin Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) pengelolaan Pasar Bawah dengan PT AAS terhitung 12 April 2023 lalu. Sesuai kontrak kerjasama, PT AAS akan mengelola Pasar Bawah selama 30 tahun ke depan.

Dari kerja sama itu, Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan. Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp 677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

Kemudian untuk pendapatan yang kedua, Pemko Pekanbaru akan mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun dari pengelolaan gedung.