Lift Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah di Siak Dibuka untuk Umum

Bupati-siak-dan-kadis-Pu-siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Sempena HUT ke-24 Siak, Lift Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah resmi dibuka untuk masyarakat umum. 

Bupati Siak, Alfedri, mengatakan diresmikannya Lift Jembatan Sultan Agung Latifah menjadi kado terindah dari Dinas PU Tarukim Siak di tahun 2023.

"Semoga dengan diresmikannya Lift Jembatan Sultan Agung Latifah dapat menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Siak, tentunya bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Siak dari segi UMKM dan lain-lain," ucap Bupati Alfedri, Kamis, 12 Oktober 2023.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar, menjelaskan operasional lift mulai pukul 10.00-17.00 WIB, pukul 12.00-13.00 WIB dan ditutup saat istirahat siang.


Pengunjung anak-anak dan lansia harus didampingi oleh penanggung jawab. Adapun syaratnya, anak-anak bisa menaiki lift ini dibatasi dengan usia minimal 10 tahun, tinggi badan minimum 120 cm, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki penyakit kronis, tidak takut ketinggian, dilarang membawa hewan peliharaan dan tidak boleh merokok.

"Lift untuk menuju ke atas berada di samping tiang luar jembatan setinggi 73 meter, untuk itu kita menerapkan aturan tersebut demi keamanan dan kenyamanan bersama," ungkap Kadis Irving.

Harga tiket untuk masyarakat lokal, anak-anak Rp20.000, dewasa dan Rp30.000, sedangkan bagi turis mancanegara anak-anak Rp50.000, mancanegara dewasa Rp75.000. Pengguna lift dibatasi 5-6 orang secara bergantian. Sedangkan waktu di dalam panoramik room di atas hanya 10 hingga 15 menit.

"Selain menyuguhkan pemandangan indahnya Kota Siak tampak dari atas, panoramik room di atas tersedia tempat foto, makanan dan minuman ringan, jadi pengunjung tidak perlu membawa makanan dan minuman dari bawah," tutup Kadis Irving.