Ancaman Kabut Asap Kian Pekat, Riau Dikelilingi 220 Titik Panas

Kabut-asap-karhutla-di-RIau.jpg
(Dok. Manggala Agni)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan masih menjadi ancaman di Provinsi Riau. Ratusan titik panas (hotspot) masih terpantau di Bumi Lancang Kuning.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG, mencatat ada 220 titik panas di Riau, Senin, 9 Oktober 2023. Penyumbang titik panas terbanyak ada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan 182 titik titik panas. 

Kabupaten Inhu memang tengah dilanda karhutla di dua lokasi, yakni Rawajadi Kelurahan Sekip Hilir dan Sungai Raya, Kecamatan Rengat.

Sementara, Kapolres Inhu, AKBP Doddy Wirawijaya, belum memberikan keterangan terkait dua karhutla di Kecamatan Rengat tersebut.


Selain di Inhu, BMKG juga mencatat titik panas di Kabupaten Indragiri Hilir dengan 15 titik. Titik panas juga berada di Kuantan Singingi (Kuansing) dengan 9 titik panas, Pelalawan 8 titik panas, Kampar dan Bengkalis masing-masing 2 titik panas, serta satu titik panas di Kepulauan Meranti.

Sementara di Sumatera, titik panas terbanyak terpantau berada di Sumatera Selatan dengan 1.195 titik dan Bangka Belitung sebanyak 458 titik. Jambi ada 150 titik panas, Lampung 115 titik panas.

Titik panas juga terpantau di Sumatera Barat dengan 75 titik, Bengkulu dengan 8 titik panas, dan Sumatera Utara ada 4 titik.