Kualitas Udara Pekanbaru Level Sedang, Disdik Belum Liburkan Sekolah

Siswa-SMPN-18-Pekanbaru.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peserta didik di Kota Pekanbaru masih melaksanakan proses belajar di sekolah. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan kualitas udara pada level sedang, Jumat 6 Oktober 2023.

Meski beberapa hari sebelumnya kualitas udara sempat tidak sehat, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru belum merekomendasikan siswa libur sekolah dan belajar dari rumah.

Hal ini disampaikan Kadiskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih. Dirinya menilai bahwa saat ini kondisi udara masih belum terlalu berbahaya, meski sempat ada kabut asap.

"Kita biasanya memang merekomendasikan apabila sudah ada laporan dari DLHK terkait bagaimana kondisi asap di Pekanbaru," ujarnya.


Dirinya menyampaikan, rekomendasi libur sekolah disampaikan jika dampak kabut asap sampai level berbahaya. Mereka bakal merekomendasikan untuk tidak ke sekolah.

"Kalau sekarang masih belum. Tapi kita terus mengimbau ke masyarakat agar menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah," paparnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengedarkan surat Nomor 420/Disdik-Sekretaris.1/034/60/2023. Surat tersebut ditujukan kepada seluruh kepala sekolah PAUD, kepala TK, kepala SD hingga kepala SMP.

Disdik mengimbau agar proses belajar mengajar di sekolah dilaksanakan dalam ruangan dan mengurangi aktivitas di luar kelas. Kemudian setiap peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan diwajibkan mengenakan masker.