Beri Kuliah Umum di Umri, Amien Rais Ajak Mahasiswa Berpikir Kritis

Amien-Rais-di-Umri.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, mengunjungi Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, Jumat, 6 Oktober 2023. Amien Rais hadir didampingi Ketua Umum Partai Ummat Rido Rahmadi yang juga menantunya sendiri.

Kedatangan Amien Rais ke Umri memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa dengan tema "Wirid Bulanan Universitas Muhammadiyah bersama Prof Amien Rais, Ketua PP Muhammadiyah Periode 1995-2000".

Rektor Umri, Saidul Amin, mengucapkan terima kasih kepada Amien Rais yang juga merupakan pendiri pengurus Muhammadiyah periode 1995-2000.

Sebelumnya menyampaikan kuliah umum, Rektor Umri, Saidul Amin lebih dulu menyampaikan sambutan di Ruang Rektorat lantai 3.

"Kedua kaki beliau selalu selalu kokoh dan sama kuatnya membawa pemikiran-pemikiran mencerdaskan anak bangsa," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah, Hendri Sayuti, juga mengucapkan selamat datang kepada Amien Rais.

"Bapak Amien Rais merupakan pelopor masa depan bangsa. Sepak terjangnya sudah kita ketahui dan mari kita sambut beliau dihadapan kita bersama," tutup Sayuti.

Dalam kesempatan itu, Amien Rais menyebut Muhammadiyah sebagai organisasi Islam paling tua dan terbesar di muka bumi. Menurutnya, Muhammadiyah tidak tergiur dengan uang yang menjadikan organisasi ini suatu kesatuan yang utuh.


"Kepada mahasiswa, marilah berpikir kritis. Dengan perkembangan teknologi saat ini, jangan ada lagi yang gaptek dan mesti mengikuti perkembangan zaman," ujar Amien Rais.

Amien menjelaskan, kalau Islam sudah lama dijajah, baik dari segi ekonomi, serta berbagai macam kegiatan.

"Muhammadiyah memang dari masa ke masa tidak pernah berhenti menyampaikan amar makruf nahi mungkar, namun saya melihat Muhammadiyah hanya amar makruf, nahi mungkar sudah banyak tertinggal," sebut Amien.

Ia mengingatkan kepada mahasiswa Umri untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, meski hanya melalui handphone.

"Handphone ada kan semua, nah cari informasi yang baik jangan yang hoax atau tidak benar," tutupnya.

Di akhir kegiatan, Ketua Umum Partai Ummat, Rido Rahmadi, mengaku senang bisa kembali ke kampus. Sampai 2021 Sampai 2021, ia masih aktif mengajar meski dalam waktu singkat harus menyambung apa yang disampaikan Amien Rais.

"Kemajuan teknologi sedemikian cepat dan kita gunakan manfaatnya, tapi ada sisi yang belum kita antisipasi sepenuhnya baik yang akan terjadi maupun yang terjadi sebelum baik 10 tahun ke depan," katanya.

"Hal inilah yang harus dipelajari mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Riau. Semoga ada manfaatnya buat kita semua," tutupnya.

Rido merupakan menantu Amien Rais ini ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Ummat, sementara Amien sendiri menjadi Ketua Majelis Syuro. Selain sebagai politikus, Rido juga merupakan seorang akademisi. 

Rido merupakan suami dari Tasniem Fauzia Rais, putri ke-4 Amien Rais. Ia merupakan ahli teknologi yang mendapatkan gelar PhD-nya dari Radboud University, Belanda. Ridho Rahmadi disebut mendapatkan dua gelar master dalam bidang artificial intelligence (kecerdasan buatan) dari Czech Technical University di Praha, Republik Ceko dan Johannes Kepler University di Austria.

Setelah menyelesaikan PhD-nya di Belanda, Rido sempat menjadi peneliti tamu di Carnegie Mellon University, AS. Ia sempat aktif mengajar di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta sebelum bergabung dengan Partai Ummat.

Mantan Wakil Ketua Partai Ummat Agung Mozin pernah menyatakan ditunjuknya ahli teknologi informasi Ridho Rahmadi adalah keputusan Majelis Syuro yang sangat tepat. Pasalnya, partai politik sekarang memerlukan kepakaran dalam bidang ini untuk bisa bersaing dengan partai lain.