Perbaikan Jalan Rusak Bukan Program Prioritas Pemko Pekanbaru, Diperbaiki Tahun Depan

Jalan-rusak-di-Garuda-Ujung.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perbaikan jalan rusak tampaknya tidak menjadi program prioritas Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Meski sudah ada sejumlah ruas jalan diperbaiki, namun jalan rusak masih terlihat di beberapa titik.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, punya berbagai program prioritas tahun 2023. Sejumlah programnya yakni layanan kesehatan 24 jam/doctor on call, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi dan kurang mampu.

Ada juga pemberian subsidi bunga kepada pelaku UMKM, pemberian santunan kematian dan fasilitas tempat pusat UMKM terpusat di eks Kantor Kesbangpol dan pusat kuliner/ Taman Labuai.

Masyarakat pun mesti bersabar karena perbaikan ruas jalan rusak baru berlanjut pada tahun 2024 mendatang. Pemerintah Kota Pekanbaru tidak memiliki anggaran perbaikan jalan pada APBD Perubahan tahun 2023.

"Memang tidak ada, ini karena terbatas anggaran, sehingga tidak ada lagi anggaran untuk perbaikan jalan," terang Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Selasa 3 Oktober 2023.



Dirinya menyebut bahwa pemerintah kota saat ini sedang menyelesaikan proyek yang ada. Mereka menggesa program prioritas di Kota Pekanbaru.

Walau tidak ada anggaran perbaikan jalan, pemerintah kota tetap menggelontorkan anggaran untuk perawatan jalan. Ada juga anggaran untuk perbaikan drainase. 

Pemerintah kota pada tahun depan tidak hanya mengandalkan APBD untuk memperbaiki jalan rusak, tapi juga berharap Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Riau untuk mendukung membenahi jalan rusak di Kota Pekanbaru.

"Jadi untuk perbaikan jalan rusak kemungkinan berlanjut pada tahun 2024. Selain APBD, kita berharap dapat gelontoran anggaran dari Kementerian PUPR," tutupnya.