Kembali Dianugerahi Gelar Adat, Kapolda Riau Kini Digelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri

Kapolda-RIau-Dianugerahi-gelar-adat.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, untuk kedua kalinya kembali menerima gelar adat di Bumi Lancang Kuning. Gelar adat Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri diberikan kepada Irjen Iqbal di Balai Adat Melayu Riau Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat, 29 September 2023.

Gelar tersebut memiliki makna sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dan kekuatan, serta dapat menggunakan kekuatan yang ada pada dirinya dalam menjadikan tanggung jawab maupun kewajibannya untuk menciptakan keteraturan di tengah kehidupan masyarakat. 

Ketua Umum DPH LAM Riau, Datuk Taufik Ikram Jami, mengatakan gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri bermakna sebagai orang mulia dengan penuh cahaya yang memiliki kemampuan dan kekuatan istimewa.

"Dipergunakan untuk memenuhi tanggung jawab maupun kewajibannya dalam menciptakan keteraturan di tengah kehidupan masyarakat secara maksimal dengan pencapaian luar biasa," sebut Datuk Taufik Ikram Jamil, Rabu, 27 September 2023 lalu. 



Suatu gelar yang sebenarnya tidak saja mengandung pengakuan tulus ikhlas atas capaian sebelum ini, tetapi juga sekaligus harapan dan doa untuk masa mendatang. 

"Suatu harapan dan doa yang tidak saja ditujukan kepada Irjen Pol Mohammad Iqbal, tetapi juga untuk kita semua,” tutupnya.

Dalam kurun waktu 16 bulan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, telah menerima dua gelar adat di Kota Dumai dan Pekanbaru.

Sebelumnya, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) juga memberikan gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri kepada Irjen Iqbal di Kota Dumai, Jumat, 17 Juni 2022.