Kapolda Riau Dianugerahkan Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri

Kapolda-Riau-raih-gelar-adat.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menganugerahkan gelar adat kepada Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal, di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Irjen Iqbal menerima gelar Datuk Seri Jaga Perkasa Setia Negeri sebagai bentuk penghargaan atas kontribusinya.

Penganugerahan ini berdasarkan pertimbangan matang, mengakomodir aspirasi masyarakat Melayu Riau, dan hasil rapat majelis kerapatan adat Melayu Riau pada 24 Februari 2023. 

Keputusan ini diambil dalam rapat majelis kerapatan adat LAM Riau pada 17 September 2023 tentang penganugerahan gelar adat kepada Kapolda Riau, Irjen M Iqbal.

"Gelar adat ini mencerminkan penghormatan terhadap tanah Riau dan kontribusinya. Gelar adat ini tentunya mewajibkan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara sebagai salah satu orang Melayu Riau," kata Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri, Jumat, 29 September 2023.

Irjen Iqbal menyebut, kebaikan dan adab masyarakat Riau yang telah membuat keluarga besar Polda Riau dapat melaksanakan tugas yang telah diamanatkan dengan baik.



"Kami bisa menjalankan tugas, berbangsa dan bernegara yang sangat nyaman dan damai di tanah Riau, itulah yang tidak bisa dibalas, seperti yang diungkapkan dalam sebuah pantun. Pisang emas dibawa berlayar, masak sebiji di atas peti. utang emas dapat dibayar, utang budi dibawa mati," tuturnya.

Sementara itu Gubernur Riau, Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar, mengucapkan selamat kepada Irjen M Iqbal atas penabalan gelar ini.

"Penabalan gelar ini sejalan dengan budi pekerti Tuan M Iqbal yang sangat berkesan. Beliau selalu menjalin komunikasi yang baik dan humanis dengan masyarakat Riau," terangnya.

Gubernur Riau berharap gelar yang ditabalkan dapat memberikan kesuksesan dan membawa kebaikan di masa yang akan datang.

"Semoga gelar adat menjadi amanah, dan marwah masyarakat Riau. Dan Datuk Seri sukses di masa yang akan datang" ungkap Syamsuar.

Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri menggambarkan kemampuan dan kekuatan seseorang untuk menciptakan keteraturan dalam kehidupan masyarakat, digunakan dengan kesetiaan terhadap tempat ia mengabdi.