Tahukah Kamu? 7 Tugu Ini Jadi Ikon Kota Pekanbaru

Tugu-Zapin3.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tugu merupakan ikon dari sebuah kota. Bukan hanya sebagai penanda kehadiran dan posisi, tugu juga memiliki fungsi simbolis dan budaya yang menunjukkan fase sebuah ruang dan waktu. menggambarkan sebuah daerah, dan memiliki makna tersirat di dalamnya.

Di Kota Pekanbaru, ada sejumlah tugu yang berdiri sebagai ikon hingga saat ini. Apa saja?

1. Tugu Keris

Tugu Keris berlokasi di Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Riau. Tugu keris memiliki makna sebagai lambang kehormatan masyarakat Kota Pekanbaru.

Meski menjadi salah satu ikon di Kota Bertuah, posisi keris yang tertancap ke bawah dinilai kurang lazim.

Budayawan Riau, Anas Aismana, menilai pemasangan keris dengan posisi terbalik kurang tepat. Seharusnya, kata dia, kepala keris burung serindit berada di bawah dan mata keris yang runcing berada di atas sebagai simbol kehormatan bentuk perlawanan perjuangan, dan mempertahankan marwah diri. Sebaliknya bila keris ditancap ke bumi, menurutnya itu menandakan kekalahan atau menyerah.

Hal senada juga disampaikan Datuk Meiko Sofyan, seorang tokoh pemuda Riau yang aktif sebagai pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Pekanbaru.

Terlepas dari letak dan maknanya yang masih jadi, Tugu Keris menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi masyarakat Kota Pekanbaru. Bahkan, Tugu Keris menjadi satu dari pusat kuliner yang jadi pilihan masyarakat Kota Pekanbaru.

2. Tugu Zapin

Siapa yang tidak tahu dengan Tugu Zapin? Tugu yang berlokasi tepat di depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, ini berbentuk sepasang penari lengkap dengan busana melayu khas Riau


Tugu setinggi 7 meter ini dibangun dengan balutan perak dan tembaga oleh seniman patung ternama asal Bali, I Nyoman Nuarta, pada akhir 2011 bertepatan dengan Provinsi Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional  (PON) ke-18 pada masa Gubernur Riau Rusli Zainal.

3. Tugu Selais Tiga Sepadan

Ikan selais adalah ikan endemik yang hidup di sungai-sungai Provinsi Riau. Bentuknya pun diabadikan menjadi tugu yang dibangun Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, dengan nama Tugu Selais Tiga Sepadan.

Tugu Selais Tiga Sepadan diresmikan pada 2011 oleh Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah. Tugu ini melambangkan kemakmuran dan kerukunan masyarakat Riau.

4.  Tugu Tepak Sirih

Tugu Tepak Sirih yang menggambarkan seorang wanita dengan tepak sirih di telapak tangannya ini berdiri di persimpangan Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS).

Tugu ini melambangkan sambutan selamat datang bagi pendatang atau wisatawan yang masuk Kota Pekanbaru.

5. Tugu Songket

Tugu Songket sarat akan nilai-nilai luhur berdiri di persimpangan bundaran Jalan SM Amin. Tugu Songket juga diresmikan oleh Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah.

Tugu Songket dibangun dengan lambang-lambang yang mengandung falsafah yang sarat dengan nilai-nilai luhur, adat dan budaya melayu sesuai dengan ungkapan “Adat Bersendikan Syara’, Syara’ Bersendikan Kitabullah”.

Payung bersegi 12 pada tugu memiliki makna pengayoman, perlindungan, perhatian sepanjang 12 bulan sehingga aman dan damai sejahtera lahir dan batin. Tiang utama segi delapan memiliki arti tuah dan marwah sebagai ibukota Provinsi Riau. Tiga unsur lilitan songket memiliki arti tiga unsur yang saling mendukung yaitu pemerintah, ulama, dan adat. Sedangkan, kitab selawat badar dengan bingkai Asmaul Husna memiliki arti budaya melayu yang berasaskan islam sehingga islam menjadi jati diri dari kemelayuan.

6. Tugu Bambu Runcing

Tugu Bambu Runcing berada di antara Jalan Diponegoro dan Jalan Hangtuah Kota Pekanbaru, tepatnya di samping Masjid Raya An Nur. Tugu ini merupakan simbol dari perjuangan masyarakat Pekanbaru di masa penjajahan.

7. Tugu Pahlawan Kerja

Tugu Pahlawan Kerja dikenal pula sebagai Monumen Lokomotif berlokasiJalan Kaharuddin Nasution, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Tugu ini dibangun untuk mengenang pengorbanan dan jasa pahlawan pada masa penjajahan Jepang.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE