97 Ekor Ular Dievakuasi Damkar Kota Pekanbaru Sejak Januari 2023

Ular-diduga-bersarang-di-pemprov.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru melakukan evakuasi terhadap puluhan ekor ular hingga September 2023. Tercatat ada 97 evakuasi ular dilakukan sejak awal tahun ini.

Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, tim mengevakuasi berbagai jenis ular yang masuk ke pemukiman masyarakat. Paling banyak proses evakuasi ular pada April 2023.

"Saat itu tim melakukan evakuasi terhadap ular sebanyak 17 kali. Jenis ular biasanya piton hingga ular cobra," jelasnya, Jumat 22 September 2023

Selain evakuasi ular, lanjut Burhan, tim juga melakukan upaya evakuasi terhadap sarang tawon yang membahayakan di pemukiman masyarakat. Mereka sudah melakukan sebanyak 69 evakuasi terhadap sarang tawon.



Tim di lapangan juga membantu evakuasi terhadap satwa lainnya. Upaya evakuasi satwa seperti musang, biawak, monyet kucing, anjing, buaya, burung hingga sapi.

"Kalau bisa dikatakan setiap hari ada kejadian, kalau tidak ada kebakaran ya kita lakukan evakuasi," sebutnya.

Lanjutnya, selama hampir sembilan bulan ini tim sudah melakukan ratusan upaya evakuasi dan penyelamatan. Mereka sudah melakukan 349 upaya evakuasi dan penyelamatan dari Januari hingga September 2023.

"Tim lapangan juga membantu masyarakat melepaskan cincin dari jarinya," tutupnya.