Mangkrak 11 Tahun, Bagaimana Nasib Pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru

Bangunan-Pasar-Cik-Puan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bangunan Pasar Cik Puan, Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, belum kunjung berfungsi sejak dibangun pada 2010 silam. Hingga kini belum ada perkembangan berarti pasca pembangunannya terhenti pada 2012.

Pembangunan pasar ini rencananya bakal berlanjut usai mendapat gelontoran anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menyampaikan bahwa Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pasar Cik Puan cukup besar, yakni mencapai Rp 80 miliar.

"Kita akan pastikan proposalnya sampai di Menteri PUPR, agar bisa dibantu Menteri Perdagangan," sebutnya, Senin 18 September 2023.

Dirinya mengaku optimis pasar itu bakal mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Ia memastikan proposal pembangunan pasar bisa sampai kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.


Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan dalam kunjungan ke Kota Pekanbaru berjanji bakal membantu rencana pembangunan kembali Pasar Cik Puan. Ia bakal berkomunikasi dengan Kementerian PUPR perihal kelanjutan pembangunannya.

Zulkifli beralasan anggaran untuk membangun pasar di Jalan Tuanku Tambusai itu tidak sedikit. Pembangunan kembali pasar itu bisa menelan anggaran mencapai Rp 80 miliar.

"Nanti untuk pasar itu karena tinggi anggarannya, kita minta PU yang bangun," ujarnya di sela kunjungan.

Anggaran pembangunan di atas Rp 6 miliar ada di Kementerian PUPR. Sedangkan yang di bawah itu, katanya, nantinya bisa dibantu oleh Kementerian Perdagangan.

"Tapi tetap kita janji bakal bantu penataan pasar di Kota Pekanbaru ini, agar tambah bagus," tutupnya.