Sambut Tahun Politik 2024, Lemdiklat Polri Gelar Pameran Karikatur di Mal SKA

Pameran-karikatur2.jpg
(Riau Online/Lukman Al Hakim)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menyambut pesta Demokrasi tahun 2024 nanti, Lemdiklat Polri menggelar pameran karikatur sejam pukul 09.00 - 21.00 WIB di Mal SKA Pekanbaru, Sabtu, 16 September 2023.

Bertajuk “Gitu Aja Kok Repot, Politik Mesem, Adem Ayem” itu merupakan refleksi dari para seniman terhadap penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2024 nanti

Tidak hanya itu, 35 karya seniman dan karikaturis, di antaranya ada GM Sudarta, Pramono R Pramoedjo, Itok Isdiyanto, Thomas Lionar, Non-o (Sudi Purwono), Anwar Rosyid, dan Gatot Eko Cahyono (Gatote) ditampilkan.

Melalui pameran ini, publik diajak menyikapi politik dengan santai dan ringan melalui gambar karikatur atau kartun, serta memberikan kesejukan di tengah masyarakat menuju pemilu 2024.

Salah seorang pengunjung, Reza menyambut antusias adanya pameran ini. ia menyebutkan dengan digelarnya pameran ini generasi muda mengenal seniman dan karikaturis nasional.

"Ini sangat menarik sekali, kalau bukan karena pameran ini, mungkin kami generasi muda tidak tahu para seniman dan karikaturis nasional," sebutnya ditempat pameran.


Ditempat terpisah, Kasespim Lemdiklat Polri, Irjen Pol Chryshnanda Dwi Laksana mengatakan, pameran ini merupakan suatu refleksi dari para seniman kartunis, karikaturis.

"Karya-karya mereka walaupun ada yang lama dan yang baru, tapi semua mengingatkan kita di era menjelang pemilu tahun 2024 perlu ada suatu kesepakatan bersama, bahwa pemilu merupakan pesta budaya dalam masyarakat yang demokratis untuk suksesi kepemimpinan," ujar Irjen Chryshnanda.

 

 

Melalui pameran ini diharapkan anak bangsa agar selalu mesem dan politiknya adem ayem, sebagaimana tajuk yang diangkat dalam pameran tersebut.

"Sesama anak bangsa tetaplah selalu mesem dan politiknya adem ayem. Artinya, tidak ada anarkisme dan kita saling mencintai, saling bangga sebagai anak bangsa, karena kita bersaudara," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE