Pemkab Siak bersama Masyarakat Gelar Malam Ghatib Beghanyut, Tradisi Tolak Bala

Malam-ghatib-beghanyut-di-siak.jpg
(Dok. Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak bersama masyarakat menggelar malam Ghatib Beghanyut, tradisi zikir bersama sekaligus ritual doa penolak bala.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza, mengatakan Pemkab Siak kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan yakni Ghatib Beghanyut. Kegiatan ini bertujuan sebagai ritual tolak bala yang diadakan oleh Pemkab Siak bersama masyarakat.

"Ghatib Beghanyut merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang selalu kita laksanakan, ini yang kesembilan kalinya. Kegiatan dilaksanakan minggu malam 10/9/2023 lalu, titik Kumpul di halaman Masjid Raya Syahabuddin Siak, diawali dengan menggelar sholat bersama, makan malam dan doa pembukaan serta diadakan pawai obor menuju ke pelabuhan untuk menaiki armada very dan beberapa Sampan," ucap Wabup Husni.



Lanjutnya, tradisi ini telah ada sejak zaman dahulu di Siak dan terus dilestarikan hingga sekarang, Ghatib Beghanyut adalah sebuah tradisi ritual untuk menjauhkan seseorang atau masyarakat dari berbagai musibah penyakit dan peristiwa buruk, Tradisi ini dilaksanakan secara turun-temurun setiap tahun melalui serangkaian zikir tasbih tahlil dan takbir yang dilakukan dengan berhanyut di Sungai Siak menggunakan beberapa sampan dan kapal feri.

"Alhamdulillah, hari ini kita masih menjaga tradisi Ghatib Beghanyut, semoga terjaga dan lestari zaman ke zaman, karena Beghanyut (berhanyut) dari hulu ke hilir sungai Siak, berharap doa terkabul dan amal ibadah diterima dan dijauhkan dari berbagai musibah penyakit dan peristiwa buruk yang telah melanda di tengah-tengah masyarakat kita, keberkahan untuk masyarakat dan negeri kita, Aamiin Ya Rabbal Alamin," harapnya.