Pantau Operasi Zebra Lancang Kuning, Kapolresta Pekanbaru Bagikan Helm Gratis

Kapolresta-bagi-helm-gratis.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Selama pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 Satuan lalu lintas Polresta Pekanbaru gencar melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada pengguna jalan, seperti yang terlihat di Jalan Yos Sudarso, Kota Pekanbaru, Selasa, 12 september 2023 pagi.

Kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 di gelar di lokasi tersebut sekitar pukul 07.30 WIB dan dipimpin langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri R.P Siagian  didamping  Kasat Lantas Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.

Fokus utama pada kegiatan kali adalah tindakan preventif berupa imbauan dan edukasi kepada pengguna jalan. Adapun beberapa media edukasi yang digunakan yakni dengan membagikan brosur, stiker dan leaflet serta menggunakan papan imbauan yang bertemakan tertib berlalu lintas. Satlantas Polresta Pekanbaru bahkan menampilkan badut Zebra untuk menarik perhatian pengguna jalan.

Menariknya, Satlantas Polresta Pekanbaru juga membagikan helm kepada  pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm maupun helm yang digunakan sudah tidak layak pakai. Helm bagi pengendara ini langsung diserahkan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri R.P Siagian.

Saat pemberian Helm Kapolresta juga berpesan kepada pengendara agar menggunakan Helm setiap mengendarai sepeda motor demi keselamatan saat berkendara.


"Jangan menggunakan helm karena ada melihat petugas, tapi gunakan Helmnya setiap berkendara untuk keselamatan selama berkendara,” imbau Kombes Pol Jefri.

Kombes Jefri juga menghentikan pengendara yang membonceng anak tanpa menggunakan helm. Sang orangtua kemudian bahwa menggunakan helm wajib bagi pengendara maupun yang dibonceng.

"Jangan lupa selalu gunakan Helm untuk keselamatan, baik itu pengendara maupun yang dibonceng, apalagi yang dibonceng anaknya,” ucapnya sambil tersenyum kepada pengendara tersebut.

Operasi Zebra Lancang Kuning 2023 adalah operasi tertib berlalu lintas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

Operasi ini sudah berjalan sejak 4 September 2023 dan akan berjalan selama 14 hari hingga 17 September 2023 nanti. Hingga hari ke-9 operasi, Satlantas Polresta Pekanbaru sudah menindak setidaknya 1.658 pelanggar lalu lintas.

Artikel ini ditulis Lukman Elhakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE