Parkiran CFD Pekanbaru Tiga Lapis, Masih Ada Jukir Liar Pungut Tarif Lebih

Parkiran-tiga-lapis-CFD-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan kota menjadi area parkir saat Car Free Day (CFD). Parkir kendaraan tidak hanya di bahu jalan bahkan mencapai tiga lapis hingga memenuhi badan jalan.

Sejumlah masyarakat memarkirkan kendaraan di sekitar Jalan Gajah Mada, Jalan Kartini, Jalan Ahmad Yani, RTH Kaca Mayang, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Sumatera. Kondisi parkiran tidak tertata menimbulkan kemacetan karena penuh sesak kendaraan.

Tak hanya itu, sejumlah oknum juru parkir atau jukir nakal masih saja memanfaatkan kesempatan.Pengunjung CFD yang membawa mobil bahkan dimintai Rp 5.000 ketika hendak memarkirkan mobilnya.

"Minta uang parkir di awal, tak ada pula karcis. Kita diminta Rp 5.000 sekali parkir," kata Amat saat ditemui Riau Online.

Dirinya mengaku bahwa ada sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru di area parkir tersebut. Namun para oknum jukir masih nekat mengutip tarif di luar Perwako.


Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Radinal Munandar menyebut bahwa tarif parkir untuk kendaraan roda dua Rp 2.000. Sementara kendaraan roda empat Rp 5.000 sekali parkir.

"Tidak boleh (kutip tarif parkir) lebih dari itu. Di lapangan ada anggota bertugas, laporkan saja," ujarnya.

Ia menyampaikan, petugas Dishub sudah berjaga di area CFD sejak pukul 05.42. Ada beberapa lokasi yang diperbolehkan untuk berjualan dan dijadikan lokasi parkir, yaitu di belakang MPP, Sumatera, Gajah Mada dan lajur yang di barisan Bank Riau.

Dirinya mengimbau masyarakat bisa langsung melapor ke petugas Dishub. Tim di lapangan segera menindak oknum jukir yang masih membandel.

"Laporkan saja, ada petugas Dishub di lapangan. Kita langsung tindak," tegasnya.