Masrul Kasmy Dilantik Jadi Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam Riau

Masrul-Kasmy-jadi-ketum-DMDI.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy, dilantik sebagai Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau tahun 2023-2026. Pelantikan Pengurus DMDI Provinsi Riau digelar di Lantai IV BRK Sudirman, Senin, 4 September 2023.

Ketua Umum DMDI Provinsi Riau, Masrul Kasmy, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas amanah yang telah diembankan kepada dirinya. Namun, ia pun mengajak semua hadirin agar kiranya turut bersama-sama membangun dan memajukan dunia Islam dan dunia Melayu di Provinsi Riau.

"Yang kami pimpin sekarang ini dua dunia yang cemburu hati. Yang satu dunia Islam dan yang satu lagi dunia Melayu. Mari kuatkan semangat, bersama-sama datuk dan datin kita majukan bumi Melayu dan Islami," ujarnya yang diterjemahkan dari bahasa Melayu.

Ketua Umum DMDI Indonesia Datuk Said Aldi Al Idrus mengatakan pengurus yang telah dilantik harus mampu menjaga organisasi. Ia meminta setiap anggota, khususnya yang berstatus ASN berkontribusi aktif menjaga dan memajukan organisasi DMDI di Riau.

"Jaga organisasi. Bagi anggota ASN, jangan hanya dijadikan sekedar untuk menempel karena ketuanya Asisten I. Agar bisa ditempatkan di tempat-tempat strategis di Pemprov Riau," jelasnya.


Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang turut hadir menyaksikan pelantikan ini, menyambut dan mengapresiasi atas berlangsungnya Pelantikan Pengurus DMDI Provinsi Riau 2023-2026. 

"Kami mengucapkan tahniah dan rasa bangga kepada DMDI Provinsi Riau yang telah melaksanakan pelantikan hari ini," jelasnya.

Menurutnya, budaya Melayu merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia yang patut dengan bangga dilestarikan oleh masyarakat. Maka dari itu, DMDI merupakan organisasi yang sangat bernilai, menjadi wadah untuk percakapan konsep Melayu dan kreativitasnya untuk pengembangan diri.

"Dalam meningkatkan dan melestarikan budaya bangsa sekaligus bergerak di berbagai bidang, seperti ekonomi, pendidikan, dan peningkatan kualitas SDM agar berdaya saing tinggi dalam menghadapi semua komponen di tanah air," pungkasnya.

Pelantikan Pengurus DMDI Provinsi Riau ini juga dihadiri oleh Tun Seri Setia Mohd Ali Bin Mohd Rustam yang merupakan Presiden DMDI yang di pertua Negeri Melaka. Hadir pula sejumlah kepala OPD dan jajaran pejabat lainnya.