Beroperasi Sejak Era Wali Kota Herman Abdullah, Warga Bisa Baca Buku Outdoor di TBM Tambelan

Taman-Baca-Tambelan5.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pentingnya budaya membaca menjadikan berdirinya taman bacaan masyarakat (TBM) baik di kota besar maupun kabupaten kota. Di Pekanbaru sendiri terdapat TBM Tambelan yang lokasinya berdekatan dengan Taman Kali Putih.

Di sana masyarakat bisa membaca di dalam ruangan maupun luar ruangan. Tidak hanya membaca namun bisa juga meminjam buku.

"Buku yang bisa dipinjam dua buah dan dikembalikan dalam waktu seminggu," ucap bagian pelayanan, Eryadi pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Taman Bacaan Tambelan Pekanbaru

RIAU ONLINE/ISTIMEWA

TBM Tambelan merupakan binaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang telah beroperasi sejak era kepemimpinan Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah. Operasional pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.


"Ada 1.427 buku dengan genre buku yang bisa dibaca seperti hukum, anak-anak, pengetahuan, umum, dan lainnya," ucapnya.

Pembaca di TBM Tambelan menurutnya banyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Katanya, akan ramai pada Rabu dan Kamis.

"Normalnya 10-15 orang sehari," terangnya.

Taman Bacaan TambelanRIAU ONLINE/ISTIMEWA

Perpustakaan seperti ini katanya ada dua, yakni di Rumbai, Jalan Yos Sudarso. Namun, TBM tersebut telah tutup katanya yang pernah menjaga selama lima tahun.

Ia berharap, ke depan semakin banyak yang membaca buku. Meski teknologi semakin canggih namun minat baca seseorang harus tetap ada.

Ia pun menyebut, ke depan akan dibuka TBM Digital di RTH Tunjuk Ajar Integritas dekat kediaman walikota Pekanbaru. Sebelumnya, sudah dibuka juga pustaka digital di RTH Kaca Mayang, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.