Hujan dan Angin Kencang, BPBD Kota Pekanbaru Singkirkan Pohon Tumbang di Sudirman

BPBD-Pekanbaru-evakuasi-pohon-tumbang.jpg
(Dok. BPBD Kota Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang melanda Kota Pekanbaru, Rabu 30 Agustus 2023 pagi. Satu titik pohon tumbang ada di Jalan Jenderal Sudirman.

Posisinya berada di seberang Kantor DPRD Provinsi Riau. Adanya pohon tumbang sempat menyebabkan arus lalu lintas jadi terganggu lantaran memakan setengah ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Tim dari BPBD Kota Pekanbaru langsung bergerak untuk disingkirkan pohon yang tumbang. Mereka langsung memotong pohon berukuran besar itu bagian demi bagian.

"Kita lakukan pembersihkan selama kurang dari tiga puluh menit, di lokasi kita dibantu personel Satlantas Polresta Pekanbaru," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Alan Kurnia.

Dirinya menyebut bahwa tim di lapangan menyiagakan satu unit chainsaw untuk memotong pohon tersebut. Tim juga menyiagakan satu unit armada untuk mengangkut pohon yang sudah dipotong.



"Untuk situasi terkini, pohon tumbang berhasil disingkirkan oleh tim BPBD Kota Pekanbaru," jelasnya.

Bersamaan dengan itu, Satlantas Polresta Pekanbaru bergerak cepat membersihkan pohon tumbang yang mengganggu lalu lintas. Petugas dengan cepat memperlancar arus lalu lintas.

"Setelah dapat informasi pohon tumbang kami langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pengaturan lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Birgitta Atvina Wijayanti.

Saat ini situasi lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman sudah kembali normal dan lancar. Kasatlantas wanita pertama di Polresta Pekanbaru ini mengimbau agar masyarakat berhati-hati.

"Saat ini sudah memasuki musim hujan, kami imbau masyarakat berhati-hati. Usahakan tidak berkendara saat hujan deras. Dikhawatirkan terjadi hal serupa, dan membahayakan pengendara," katanya mengingatkan.