Gedung MPP Pekanbaru Terbengkalai Pasca Kebakaran, Pembangunan Mandek?

MPP-terbakar11.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru hingga kini belum diperbaiki pasca dilanda kebakaran hebat pada 5 Maret 2023 lalu.

Kondisi gedung masih berantakan karena sisa-sisa kebakaran belum tersentuh, bahkan terkesan terbengkalai. Namun ada rencana lokasi bekas kebakaran gedung tersebut bakal beralih fungsi menjadi alun-alun.

Rencana ini disampaikan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun. Alih fungsi tersebut lantaran Kota Pekanbaru yang merupakan kota besar belum memiliki alun-alun.

Dirinya juga meminta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) selaku OPD yang membawahi MPP Pekanbaru untuk membuat berita acara penghapusan aset Gedung B MPP yang terbakar.


"Untuk proses penghapusan aset MPP sudah berproses, dalam waktu dua minggu ini kita akan robohkan," paparnya, Selasa 29 Agustus 2023.

Dalam wacana tersebut, Muflihun pun bakal menyatukan pemikiran untuk mendesain ulang MPP sebagai wajah baru. Dirinya mengaku sudah berdiskusi dengan beberapa tokoh masyarakat dan akademisi.

Meski sudah direncanakan, namun Muflihun mengaku pembangunan alun-alun di bekas gedung itu ternyata baru menjadi satu opsi. Ia tidak ingin masyarakat salah menanggapi rencana pembangunan kembali MPP.

"Kita masih perlu gelar diskusi publik untuk membahas ini. Kita undang seluruh elemen masyarakat, kita mau diskusi publik mana yang layak dibangun, alun-alun atau gedung utama," ungkapnya.