Ada Petugas Dishub, Jukir Leluasa Kutip Parkir Rp 5 Ribu di CFD Pekanbaru

Area-Parkir-CFD-Pekanbaru1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kondisi parkiran di area Car free Day (CFD), Minggu 27 Agustus 2023 semrawut, terutama di sekitar Jalan Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru. Posisinya tidak jauh dari komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru.

Pantauan Riau Online, juru parkir atau jukir menata parkir hingga tiga lapis parkir. Kendaraan tidak hanya parkir di bahu jalan, tapi juga di badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan karena penuh sesak kendaraan.

Di area parkir tersebut, jukir mengutip tarif parkir melebihi ketentuan. Satu pengunjung bahkan dimintai Rp 5.000 ketika hendak memarkirkan mobilnya.

"Parkir Rp 5.000 dan diminta di awal, tidak diberi karcis juga," ujar satu pengunjung CFD.

Dirinya mengaku bahwa ada sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru di area parkir tersebut. Namun para oknum jukir masih leluasa mengutip tarif di luar ketetapan.


"Di depan petugas Dishub orang pada bayar. Ada yang lapor tapi petugas hanya bilang akan ditindaklanjuti," ungkapnya.

Kepala UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Radinal Munandar, menyebut bahwa tarif parkir untuk kendaraan roda dua Rp 2.000. Sementara kendaraan roda empat Rp 3.000 sekali parkir.

"Tidak boleh (kutip tarif parkir) lebih dari itu. Di lapangan ada anggota bertugas, laporkan saja," ujarnya.

Ia menyampaikan, petugas Dishub sudah berjaga di area CFD sejak pukul 05.42. Mereka berjaga di sekitar Jalan Gajah Mada, Jalan Kartini, Jalan Ahmad Yani, RTH Kaca Mayang, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Sumatera.

"Ada beberapa lokasi yang diperbolehkan untuk berjualan dan dijadikan lokasi parkir, yaitu di belakang MPP, Sementara, Gajah Mada dan lajur yang di barisan Bank Riau," paparnya.