Menkominfo dan Gubernur Syamsuar Bahas Digitalisasi UMKM dan Pemuda Riau

Menkominfo-dan-gubri-diskusi-Digitalisasi.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tarian tradisional Rentak Serumpun mengawali acara diskusi publik "Peningkatan Inklusivitas Digital untuk UMKM dan Pemuda Riau" yang diselenggarakan pada 25 Agustus 2023, Balai Serindit, Pekanbaru, Riau.

Hadir Menteri Komunikasi Informasi (Menkominfo) RI Budi Arie sebagai narasumber, begitu juga dengan Gubernur Riau, Syamsuar. Para pelaku UMKM serta mahasiswa turut hadir untuk mengambil trik meningkatkan usaha di sektor digital.

Kegiatan ini seiring dengan komitmen dan keseriusan Gubernur Riau, Syamsuar, untuk membangun desa digital yang disampaikannya saat berkunjung ke Kabupaten Bengkalis, Kamis, 24 Agustus 2023 kemarin.

"Setiap desa harus sudah memiliki koneksi internet yang dapat dinikmati masyarakat agar mendapatkan kemudahan informasi dan komunikasi seperti layaknya di kota-kota besar," ucap Syamsuar.

Upaya Syamsuar membangun desa digital mendapat dukungan dari Menkominfo Budi Arie. Menurutnya, desa digital dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah terkait digitalisasi.


Budi Arie menyebut, sejak 2018 sudah ada 500 ribu aplikasi digital yang dibangun Menkominfo untuk pelayanan masyarakat.

"Pertanyaan terbesar saat ini adalah sumber manusia terlebih dahulu kemudian pemanfaat digital. Sejarah industri yang berbasis digital akan sangat berpengaruh di dunia," tegasnya.

Ia pun mengimbau generasi muda untuk tidak takut terhadap kegagalan. Ia meyakini semangat anak muda dapat membawa negeri ini menjadi lebih maju.

"Anak muda mimpinya tanpa batas. Semangat anak muda bisa membawa Indonesia Maju dan Riau Digital berhasil, Indonesia Maju, Riau Maju,” katanya.

Selain itu, Budi Arie juga membahas pinjaman online (pinjol) yang saat ini marak dan banyak menjerat generasi muda. 

"Karena ada ibu-ibu saya bilang tidak mudah terima pinjaman online. Untuk anak muda yang pacarnya main judi online, putuskan. Kemudian, tetap jaga persatuan bangsa Indonesia," ucapnya.