Rajut Harmoni Melalui Budaya, Pagelaran Seni Budaya Lintas Agama Pertama di Riau

Wagubri-hadiri-acara-fkub-riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Riau, Abdul Rahman Qaharuddin, dalam Pagelaran Seni Budaya Lintas Agama FKUB Provinsi Riau Tahun 2023 mengatakan bahwa pagelaran ini pertama kali diadakan di Riau. Ia menyebut acara ini sekaligus bersempena dengan HUT ke-66 Riau dan HUT ke-78 RI.

"Ini pertama kali diadakan. Dengan adanya pagelaran ini agar dapat merajut harmoni melalui budaya. Perkuat budaya dan adat istiadat," ujarnya pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Dalam pagelaran yang bertema "Perkokoh Umat Beragama di Provinsi Riau" turut serta diundang pemeluk agama yang ada di Indonesia yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Tak hanya itu, simbol dari berbagai agama juga dipajang.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, yang turut hadir menyebut toleransi Riau sudah berada 76 persen atau urutan ke-16 dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.


"Orang-orang yang berada di FKUB ini yang sudah terpilih dan memiliki sensitivitas yang tinggi serta memiliki hak untuk berdemokrasi," ujarnya, Selasa, 22 Agustus 2023.

Menurutnya, perbedaan cara pandang adalah sesuatu yang lumrah. Masalah yang muncul justru tentang sulitnya menyatukan perbedaan tersebut. Ia pun mencontohkan dirinya yang menghormati Gubernur Riau, Syamsuar.

"Jika saya memanggil gubernur itu hanya berlangsung lima tahun. Namun, jika saya memanggil saya abang itu akan berlangsung selamanya. Saya memanggil abang, beliau memanggil adinda," ungkapnya.