Petugas Kesulitan Padamkan Karhutla Rimbo Panjang karena Air Susah Didapat

Karhutla10.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, KAMPAR-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Jalan Perwira, Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis, 10 Agustus 2023 sekitar pukul 17.00 WIB.

Pantauan di lokasi hingga pukul 23.15 WIB, api masih membakar lahan 1,5 hektar milik warga tersebut.

Tim gabungan dari BPBD, TNI, Polri, dan Damkar berjibaku memadamkan api yang berkobar.

Kapolsek Tambang, AKP Marupa Sibarani saat ditemui di lokasi menyebutkan pihaknya mendapat kabar tersebut dari masyarakat setempat.

AKP Marupa Sibarani

Kapolsek Tambang, AKP Marupa Sibarani/Riau Online/Defri Candra



"Setelah di lokasi kita berupaya memadamkan dengan dibantu tiga mobil unit tanki air dari pemadam kebakaran, BPBD dan masyarakat," ujar AKP Marupa, Jumat, 11 Agustus 2023 dinihari.

Adapun yang terbakar merupakan tanah gambut sedalam 50 centimeter. Lokasi tersebut berupa lahan kosong yang sudah lama ditinggal.

Saat ini belum diketahui siapa pemilik lahan tersebut dan pihak kepolisian tengah mencari tahu untuk menindaklanjuti perkara ini.

"Indikasi dibakar sedang dalam proses penyelidikan. Mudah-mudahan cepat terungkap apakah disengaja atau tidak," lanjutnya.

Dikatakan Marupa, tak jauh dari lahan yang terbakar tersebut terdapat dua rumah milik warga. Sehingga pihaknya segera melakukan penyelamatan agar api tak merambat melahan rumah itu.

"Kesulitan kami di lapangan ialah sumber air sulit dicari karena suasana musim kemarau," tambahnya.

Di tempat yang sama, Kasubbid Logistik BPBD Kampar, Edison mengimbau agar untuk sementara warga tak membakar sampah sembarangan, lantaran tengah musim kemarau.

"Beberapa pekan ini cuaca begitu ekstrim, sehingga kita berharap masyarakat tidak membakar sampah. Takutnya hal tersebut menyebabkan kebakaran yang meluas," pungkas Edison.