Perdana Digelar, Ada Festival Pacu Sampan Tradisional di Pekanbaru

Peserta-Iven-Pacu-Sampan-Tradisional.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Iven Pacu Sampan Tradisional untuk pertama kalinya digelar di Kota Pekanbaru, Jumat 4 Agustus 2023. Pembukaan acara Festival Pacu Sampan Tradisional Tahun 2023 ini di lokasi Wisata Pulau Semut, Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai Timur.

Sebanyak 32 peserta Pacu Sampan memperlihatkan kebolehan mendayung sampan di Sungai Siak. Para peserta berasal dari lima kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun hadir dan membuka langsung festival budaya yang berlangsung selama tiga hari, yakni 2 hingga 4 Juli 2023. Ia mengapresiasi inovasi masyarakat yang dibantu para mahasiswa.

"Untuk saat ini masih iven kota saja, kita menyambut baik dan tentunya sangat mengapresiasi kepada adik-adik kami dari Himarusa yang mampu menaja event pacu sampan tradisional ini," paparnya.


Muflihun berharap, dengan adanya Pacu Sampan ini destinasi wisata Pulau Semut bisa jadi lebih dikenal. Dirinya ingin wisata Pulau Semut bisa lebih tertata agar menarik banyak minat pengunjung. 

"Kita berupaya merapikan (destinasi wisata Pulau Semut) untuk menarik minat wisatawan nusantara. Kita siapkan dengan matang agar jumlah penonton ke depannya bisa lebih banyak lagi," ujarnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Rumbai Bersatu (Himarusa), Septiandi Putra mengatakan, festival ini digelar dengan dukungan dari berbagai pihak. Mereka telah melakukan persiapan selama tiga bulan untuk kesuksesan acara.

"Destinasi Wisata Pulau Semut ini awalnya merupakan destinasi wisata mandiri, tapi akhirnya mendapat dukungan sehingga bisa berkembang saat ini," ulasnya.