Menolak Lupa, Janji Kapolda Riau Copot Kapolres yang Tak Mampu Atasi Karhutla

Kapolda-pimpin-pelantikan.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ancaman bencana kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai mengintai masyarakat Bumi Lancang Kuning. 

Sejumlah kabupaten dan kota tengah dilanda karhutla. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau mencatat, karhutla terjadi di Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kampar, Pelalawan, dan beberapa daerah lainnya.

Dalam hal ini, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, sempat menegaskan kepada Kapolres di seluruh wilayah Riau untuk mewanti-wanti karhutla di daerah. Hal ini disampaikannya saat penggantian jabatan Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) atau Kapolres.

Jenderal bintang dua itu menegaskan kepada seluruh Kapolres yang baru dilantik untuk menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 


"Pesan saya, tidak ada karhutla. Kalaupun ada, secepat mungkin lakukan tindakan pemadaman. Lakukan pula penyelidikan dan tegakkan hukum," tegas Irjen Iqbal, Selasa, 18 Juli 2023 lalu. 

Kapolda Iqbal bahkan berjanji akan melakukan evaluasi hingga pengajuan pencopotan Kapolres secepatnya jika ditemukan karhutla dalam skala besar.

"Bila perlu kalau tidak mampu jadi Kapolres, akan saya usulkan untuk diganti," tegas Iqbal.