49 Faskes Layani Jaminan Kesehatan Pekabaru Bertuah

Universal-Heatlh-Coverage.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat Kota Pekanbaru kini bisa menikmati layanan kesehatan hanya dengan KTP. Penerapannya seiring peluncuran Universal Heatlh Coverage (UHC) di Kota Pekanbaru di RSD Madani Pekanbaru, Jumat 28 Juli 2023.

 

Program ini diberi nama Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah yang menandai UHC JKN di Kota Pekanbaru. Masyarakat kurang mampu menjadi sasaran utama dalam program ini.

 

Total ada 49 fasilitas kesehatan yang melayani program ini. Ada 21 puskemas di Pekanbaru yang menjadi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

 

Sedangkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) ada 28 rumah sakit. Delapan di antaranya rumah sakit pemrintah dan 20 lainnya merupakan rumah sakit swasta. 

 



Ketua Tim Percepatan Pencapaian Universal Heatlh Coverage (UHC) di Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut bahwa sasaran program ini merupakan warga yang yang butuh layanan kesehatan di puskemas dan rumah sakit. 

 

"Jadi warga yang punya KTP Pekanbaru bisa mendapatkan akses untuk program ini," ulasnya.

 

Ia menyebut, masyarakat bisa mendapatkan sejumlah layanan di antaranya pelayanan rawat jalan maupun rawat inap di Puskemas. Ada juga pelayanan gawat darurat dan rawat inap di rumah sakit.

 

 

Masyarakat nantinya bisa mengakses 144 jenis layanan di puskesmas maupun rumah sakit. Namun masyarakat tidak dapat mengakses layanan estetis dalam program ini.