Gubernur Riau Apresiasi PHR Beri Beasiswa Penuh 10 Anak Riau

Syamsuar790.jpg
(Septri Windiyana Putri/MG Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, mengapresiasi serta berterima kasih kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) telah memberikan beasiswa pendidikan kepada putra-putri Riau. Ada 10 pelajar berprestasi bakal belajar di Universitas Pertamina di tahun 2023 ini.

"Alhamdulillah, seleksi berbuah manis. Hari ini telah ada 10 putra-putri terbaik dari Riau yang terpilih untuk mengikuti pendidikan di Universitas Pertamina Jakarta," ujar Syamsuar dalam kegiatan Inagurasi Penerima Beasiswa Prestasi S1 PT PHR, Rabu 26 Juli 2023.

Syamsuar mengatakan, kerjasama dalam bidang pendidikan tersebut juga telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan Universitas Pertamina Jakarta. Menurutnya, ini merupakan perhatian PHR kepada anak-anak Provinsi Riau guna mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

"Ini juga merupakan bentuk tindak lanjut kerjasama Pemprov Riau dengan Universitas Pertamina. Sudah menjadi komitmen Pertamina, begitu banyak kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi termasuk juga memberikan beasiswa kepada anak-anak Riau," ujarnya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud menerangkan pendidikan anak bangsa merupakan pondasi penting untuk kemajuan negeri. Pertamina sebagai BUMN mempunyai peran besar melalui komitmen dalam pendidikan berkualitas bagi pelajar terbaik di Indonesia.


"Untuk itu dukungan pemerintah provinsi Riau, PHR, Pertamina foundation dan Universitas Pertamina berkolaborasi menyelenggarakan sekaligus memastikan pengelolaan program beasiswa prestasi S1 ini dilaksanakan dengan tata kelola yang baik," terangnya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, para pelajar penerima beasiswa bersaing dengan ribuan pendaftar dan mengikuti rangkaian seleksi. Mereka merupakan pelajar berprestasi di sekolahnya dan meraih peringkat 1 hingga 3 di kelas.

"Ribuan pendaftar melewati seleksi administrasi, tes potensi akademik (TPA), diseleksi dan dinilai hingga mengikuti tes wawancara. Kemudian kandidat masuk ke forum group discussion (FGD). Mereka kemudian diberi studi kasus untuk dipecahkan bersama dalam masing-masing kelompok yang terdiri dari lima orang. Kami bisa melihat anak anak mengeksplorasi dan menyelesaikan kasus yang kami berikan dengan diskusi maupun teamwork, setelah itu penilaian," paparnya.

Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing. Sebelumnya, PHR bersama Pertamina Foundation telah melakukan sosialisasi Program Beasiswa Pendidikan ini terhadap ratusan sekolah yang diwakili kepala sekolah SMA/ SMK/ dan MA dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Riau, di Pekanbaru.

Sebelum terpilihnya sepuluh calon mahasiswa baru, tercatat sebanyak 1.786 pelajar Riau mendaftarkan diri mengikuti program Beasiswa Prestasi S1 ini. Pendaftaran dibuka untuk umum, dan diikuti oleh pelajar SMA/SMK sederajat yang mempunyai prestasi dalam bidang akademis maupun non akademis di 7 kabupaten/kota Provinsi Riau wilayah kerja Rokan.