15.429 Bintara Jalani Pendidikan di SPN, Wakapolda Riau: Perilaku Menentukan Wajah Polri

Wakapolda-Riau-di-SPN.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Usai lulus, Bintara Polri Gelombang II menjalani pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) selama lima bulan ke depan.

Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi mengucapkan selamat atas keberhasilan siswa yang telah lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri Gel II TA 2023.

"Keberhasilan yang saudara raih ini merupakan berkah. Program Pendidikan Pembentukan Bintara dilaksanakan dengan dua gelombang dan lama pendidikan 5 bulan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh SPN Se-Indonesia," ujar Brigjen Rahmadi, Selasa, 25 Juli 2023.

Rahmadi menyebut total peserta didik sebanyak 15.429 orang yang terdiri dari, Bintara Tugas Umum sebanyak 12.580 orang, Bintara Brimob 500 orang, Bintara Polair 100 orang, Bintara Polwan 649 Orang,Tamtama Brimob 1.500 Orang dan Tamtama Polair 100 Orang.

Ia pun berpesan kepada peserta didik bahwa kehadiran dan kemampuan serta perilaku di lapangan akan menentukan wajah Polri, juga tingkat kepercayaan masyarakat.



"Oleh karena itu pendidikan ini harus dirancang dengan mengutamakan kualitas dan memberikan porsi pembelajaran yang lebih besar kepada praktik kerja lapangan dan pembentukan karakter Bhayangkara," tegas jenderal bintang satu tersebut.

Hakikatnya, pendidikan Polri tidak saja untuk memberikan ilmu pengetahuan untuk kecerdasan dan keterampilan, namun lebih dari itu untuk membentuk polisi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Dengan demikian penekanan utama pada pendidikan kurikulum pendidikan difokuskan pada aspek karakter dengan penekanan pembentukan etika dan moral," katanya.

Acara ditutup dengan tradisi pemotongan rambut dan penyiraman bunga kepada perwakilan siswa dengan tujuan agar selamat dalam menjalankan pendidikan.