Eksplor Wisata Visual, Ini 3 Lokasi Instagramable Pekanbaru

Asia-Heritage2.jpg
(Septri/RIAU ONLINE)

Laporan: MG Septri Windiyana Putri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akhir pekan menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata. Kota Pekanbaru menawarkan berbagai destinasi wisata instagramable yang sayang untuk dilewatkan.

Riau Online merekomendasikan sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi saat libur akhir pekan. Beragam destinasi wisata ini sangat cocok bagi anda yang senang memanjakan mata.

1. Asia Farm Hay Day

Asia Farm Hay Day merupakan destinasi wisata yang terinspirasi dari game online peternakan dan perkebunan, Hay Day. Asia Farm Hay Day terletak di Jalan Badak Ujung, Sail Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Tempat wisata ini menyediakan beberapa ikon negara di dunia, seperti bangunan dan makanan khas Eropa, Jepang, dan Korea. Tidak hanya itu, Asia Farm Hay Day juga menyediakan kolam mandi air hangat, relaksasi air terjun, dan waterpark yang dibanderol dengan harga Rp 40 ribu, termasuk harga tiket masuk.

Hal menarik lainnya, Asia Farm memiliki beberapa koleksi fauna seperti burung merak, burung sun conure, kelinci, kuda, jalak bali, domba, ikan koi, berbagai ras ayam, burung unta, dan masih banyak lagi.

Pengunjung bisa datang ke destinasi ini  mulai pukul 09.00 -18.00 WIB setiap weekdays dan weekend. Tiket masuk Asia Farm Hay Day dibanderol dengan harga Rp 25 ribu per orang. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk akses gratis ke seluruh area Asia Farm Hay Day, terkecuali taman air.


2. Asia Heritage

Asia Heritage merupakan taman wisata yang menyatukan empat budaya negara yang berbeda. Di dalam taman wisata ini bisa merasakan sensasi budaya dari Jepang, Korea, China dan Indonesia. Asia Heritage berada di Jalan Yos Sudarso Km.12, Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau. 

Bagi yang senang berfoto, ada berbagai spot foto menarik dan instagramable. Seperti Chinatown, Great Wall, Rainbow Slide, Floating Market, Little Kyoto. Di setia spot terdapat penyewaan kostum di antaranya, Kimono yang merupakan pakaian tradisional dari jepang, Hanbok pakaian tradisional dari Korea. Penyewaan kostum tersebut pengunjung dikenakan biaya Rp 30 ribu per kostum.

Asia Heritage juga menyediakan aneka makanan khas dari berbagai negara China, Jepang, Korea, dan Indonesia yang bisa dibeli dimulai dengan harga Rp 20 ribu. Penjual menyediakan Mie Ramen, Katsu, Tteokbokki, Kimchi, makanan khas Makassar, Bakso Urat, Bakso Aci, dan masih banyak lagi. 

Dari pantauan Riau Online di akun Instagram resmi @asia.heritage, destinasi wisata yang berdiri dari tahun 2021 ini dibuka mulai dari pukul 08.00-18.00 WIB setiap weekdays dan weekend. Dengan harga tiket masuk Rp 30 ribu per orang, sudah termasuk fasilitas welcome drink gratis dan akses masuk ke empat area negara.

3. Taman Wisata Okura

Taman wisata Okura adalah kawasan agrowisata memiliki banyak pepohonan hijau yang menghiasi desa tersebut. Uniknya, di Desa Wisata Okura terdapat berbagai jenis tumbuhan bunga yang warna-warni yang menyejukkan mata dan instagramable. Seperti bunga matahari, bunga kancing, bunga Celosia Pagoda, dan masih banyak lagi.

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di taman wisata yang terletak di Jalan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru ini. Mulai dari memancing, berkuda, bersepeda, berenang, bersepeda, hingga panahan.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba wahana-wahana di taman wisata Okura ini dikenakan biaya-biaya yang berbeda. Seperti aktivitas panahan membayar Rp 30 ribu untuk 10 kali shot. Aktivitas berkuda dikenakan biaya Rp 30 ribu untuk satu kali putaran. Kemudian, biaya masuk ke kebun Jambu pengunjung dikenakan biaya Rp 10 ribu per orang. Dan pengunjung dapat memetik langsung buah Jambu dari pohonnya.

Taman Wisata Okura pernah mendapatkan penghargaan tingkat nasional kategori Silver Award pada ajang CSR dan PDB Award tahun 2023 pada peringatan hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa dan PDTT di Bintan Kepri. Penghargaan tersebut sebagai bentuk keberhasilan membina Taman Bunga Impian Okura menuju wisata desa yang bersinergi dengan pemerintah daerah.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar kepada CDO taman bunga Okura yang berasal dari PT PLN NP UP Tenayan, Dimas Satriyo.