Muflihun Kembali Evaluasi dan Rolling Pejabat Pemko Pekanbaru

Muflihun95.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru ternyata sudah masuk dalam radar evaluasi jabatan. Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun pun segera melakukan mutasi maupun rotasi jabatan para pejabat. 

Tim evaluasi sudah melakukan penilaian terhadap kinerjanya masing-masing pejabat. Hasil penilaian tersebut nantinya bakal jadi satu pertimbangan rencana bongkar pasang kepala Organisasi Perangkat Daerah atau OPD.

"Untuk hasil evaluasi nanti kita sampaikan. Kita juga nanti diskusi dengan Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru terkait kinerja para kepala OPD," ujar Muflihun, Senin 17 Juli 2023.

Menurutnya, ada tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) yang membantu proses pertimbangan kepada para pejabat. Mereka yang kinerjanya di bawah rata-rata bakal masuk radar mutasi.

"Saya tegaskan bukan satu orang saja, tapi yang namanya mutasi untuk seluruh OPD, kita akan evaluasi kepala OPD yang kinerjanya kurang baik," tegasnya.


Selain rencana mutasi jabatan kepala OPD, Muflihun juga bakal melakukan rolling para lurah. Ia tak menampik banyaknya laporan masyarakat terhadap kinerja lurah yang dianggap pasif dalam melayani masyarakat.

"Kita hari ini ingin OPD bisa mengayomi masyarakat terutama lurah. Namun ternyata banyak laporan dari masyarakat terkait banyaknya lurah yang pasif," ujarnya.

Menurutnya, rotasi maupun rolling adalah hal yang biasa bagi pegawai. Dirinya bakal membuat usulan atas izin Kemendagri. 

"Jadi untuk eselon II, III dan IV itu semua izinnya dari Kemendagri," pungkasnya.