Ratusan Berkas Pendaftaran PPDB SMPN di Pekanbaru Ditolak, Ini Sebabnya

PPDB-SMP-di-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan berkas calon peserta didik pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 di Kota Pekanbaru ditolak lantaran berkas tidak valid.

Panitia PPDB langsung melakukan validasi dan verifikasi berkas yang masuk setelah pendaftaran. Hasilnya ada 866 berkas ditolak.

"Berkasnya tidak diterima dengan beragam faktor. Ada yang KK-nya meragukan, ada juga faktor lainnya," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Selasa 4 Juli 2023.

Ia mengatakan bahwa hingga saat ini ada 9.467 pendaftar dalam PPDB. Mereka melakukan pendaftaran sejak PPDB SMP Negeri di Pekanbaru buka pada 26 Juni 2023 lalu.


Jamal menyampaikan bahwa panitia sudah melakukan verifikasi dan validasi terhadap berkas calon peserta didik yang sudah melakukan pendaftaran secara online.

Panitia PPDB menyampaikan ada 7.566 berkas sudah lengkap. Namun yang diterima atau memenuhi persyaratan baru 6.700 berkas.

Jamal pun mengimbau para calon peserta didik tidak perlu khawatir. Mereka masih bisa mendaftar di SMP negeri lainnya karena masih ada waktu satu hari untuk mendaftar hingga 4 Juli 2023. Pendaftar bisa melakukan pendaftaran secara online atau datang ke sekolah bila mengalami kendala.

"Jadi sebaiknya mendaftar di sekolah lain, tapi masih di zonasi itu, karena tidak bisa mendaftar di sekolah yang sama dua kali," tutupnya.